Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Bom Surabaya, Sudah 13 Negara Keluarkan "Travel Advice"

Kompas.com - 16/05/2018, 19:24 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah ada 13 negara yang memberi travel advice bagi warga negaranya yang berada atau ingin berkunjung ke Indonesia. Pembaruan travel advice ini dipantau Rabu (16/5/2018).

Berikut adalah 13 negara yang mengeluarkan travel advice pasca peristiwa bom di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur:

1. Inggris
2. Amerika
3. Australia
4. Hongkong
5. Selandia Baru
6. Singapura
7. Malaysia
8. Polandia
9. Irlandia
10. Kanada
11. Perancis
12. Filipina
13. Swiss

Menteri Pariwisata Arief Yahya ditemui seusai jumpa pers Launching Calender of Event 2018 Aceh di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (14/5/2018) menghargai negara yang mengeluarkan travel advice bagi warga negaranya ke Indonesia.

"Kami sadar itu kewajiban untuk mengingatkan warga-warganya yang datang ke (Indonesia). Travel advice kami harapkan tidak terlalu berdampak (pariwisata Indonesia) dan (kondisi keamanan) segera recovery," kata Arief.

Menurutnya, penanganan peristiwa terorisme di Indonesia sudah relatif bagus. Namun, ia belum bisa memastikan berapa lama proses pemulihan kondisi di Indonesia.

Ketua Asosiasi Tour Travel Agent Indonesia (ASITA) Asnawi Bahar menilai aksi teroris sangat kontraproduktif dengan citra positif juga pencapaian target pariwisata.

ASITA berharap kejadian ini bisa segera dipulihkan, baik industri dan pemerintah harus bekerja sama.

Wisman di Festival Nusa Penida 2017 yang digelar di Pantai Mahagiri, Kabupaten Klungkung, Bali, Rabu (6/12/2017). Festival Nusa Penida 2017 menampilkan 1.500 penari.ARSIP KEMENPAR Wisman di Festival Nusa Penida 2017 yang digelar di Pantai Mahagiri, Kabupaten Klungkung, Bali, Rabu (6/12/2017). Festival Nusa Penida 2017 menampilkan 1.500 penari.

“Kami berharap ini bisa segera dipulihkan. Kami memohon pada pihak berwajib, ini akan merugikan kita semua,” jelas Asnawi saat dihubungi KompasTravel, Minggu (13/5/2018)

Menurut Asnawi sebentar lagi Indonesia akan jadi tuan rumah Asean Games, dan IMF World Bank yang beranggotakan puluhan negara di dunia.

Ia menilai ini jadi pukulan yang berat jika tidak segera diselesaikan dengan benar.

“Karena hal-hal kemanan itu sangat diperhatikan oleh turis luar (negeri), terutama Eropa,” tutupnya.

Travel advice atau saran bepergian adalah rilisan resmi pemerintah pusat kepada warga negaranya yang sedang atau ingin bepergian ke suatu negara. Travel advice lebih berupa saran mengenai keamanan daerah, nomor penting untuk dihubungi, dan peristiwa terbaru.

Selain travel advice ada pula travel warning yang merupakan larangan bepergian pemerintah kepada warga negaranya ke negara tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com