Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernikahan Harry dan Meghan Diprediksi Tarik 4 Juta Turis

Kompas.com - 18/05/2018, 22:19 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber Ibtimes

KOMPAS.com - Jelang pernikahan keluarga kerajaan Inggris yakni Pangeran Harry dengan aktris asal Amerika Serikat, Meghan Markle, kemeriahan tak hanya monopoli kalangan istana saja.

Inggris sebagai negara tuan rumah perhelatan Royal Wedding itu seakan turut memeriahkan pernikahan yang dianggap sebagai paling akbar tahun ini, yang akan berlangsung Sabtu (19/5/2018).

Kemeriahan ini pun diprediksi berdampak pada peputaran ekonomi Inggris, termasuk dari segi sektor pariwisata.

Toko-toko, hotel, bahkan teater di West End diprediksi akan mendapatkan kenaikan pendapatan hingga 2 miliar Poundsterling (setara dengan Rp 38,2 triliun) akibat imbas pernikahan Harry dan Meghan.

Baca juga: Rayakan Royal Wedding, Ada Penerbangan Khusus Harry-Meghan

Pernikahan Harry dan Meghan dipandang akan mendatangkan wisatawan internasional ke Inggris.

Seperti dikutip dari Ibtimes.co.uk, industri pariwisata Inggris memprediksi dalam musim semi ini akan ada tambahan kunjungan 4 juta turis yang akan mengeluarkan uang sebesar 1-2 miliar Poundsterling, yang berhubungan dengan pernikahan Harry-Meghan.

Pangeran Harry sebenarnya berada di urutan keenam sebagai pewaris tahta Kerajaan Inggris.

Ia berada pada posisi keenam setelah Pangeran Louis yang bulan lalu lahir, anak ketiga dari Pangeran William yang berada di urutan kedua pewaris tahta.

Itu artinya kesempatan ia menjadi raja Inggris begitu kecil. Namun, Pangeran Harry adalah salah satu dari anggota keluarga Kerajaan Inggris yang begitu populer.

Bendera Royal wedding menghiasi Rose Tree Cottage di Pasadena, utara Los Angeles, California, 15 Mei 2018ROBYN BECK Bendera Royal wedding menghiasi Rose Tree Cottage di Pasadena, utara Los Angeles, California, 15 Mei 2018

 

Seperti dikutip dari Statisca.com, dalam sebuah polling yang diselenggarakan Ipsos MORI pada Januari 2018, 87 persen orang Inggris memiliki opini yang baik terhadap Pangeran Harry.

Angka ini lebih tinggi bahkan lebih tinggi daripada Ratu Elizabeth. Hal ini disimpulkan Pangeran Harry merupakan anggota keluarga paling populer.

"Keluarga kerajaan begitu penting untuk pariwisata London. Di antara semua tempat bersejarah di ibu kota ini, istana dan taman kerajaan adalah tempat-tempat wisata paling populer bagi turis. Pada tahun 2016, kami mencatat tahun rekor atas jumlah wisatawan internasional yang datang ke London dan warisan kerajaan menjadi bagian besar yang menarik perhatian kunjungan wisatawan," ungkap juru bicara VisitLondon kepada IBTimes UK.

Sementara itu, Director VisitBritain Patricia Yates menuturkan acara pernikahan kerajaan tersebut membawa Inggris menjadi pusat perhatian media secara global.

"Hal ini menjadi kesempatan yang fantastis untuk menunjukan ke dunia semua momen dan pengalaman romantis yang hanya bisa didapatkan turis jika datang ke sini," katanya.

Baca juga: Ikut Rayakan Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Hotel Ini

Apalagi pernikahan Harry dan Meghan berlangsung pada hari libur. Sebagai gambaran, pernikahan kakak Harry, yaitu Pangeran William dengan Kate Middleton pada tahun 2011 dijadikan hari libur nasional.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Ibtimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com