Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.050 Porsi Kanji Rumbi Khas Aceh Dibagikan Selama Ramadhan

Kompas.com - 21/05/2018, 03:00 WIB
Masriadi ,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Pengurus Islamic Center, Kota Lhokseumawe, membagikan 1.050 porsi kanji rumbi setiap hari selama bulan Ramadhan tahun ini. Jumlah itu meningkat dibandingkan tahun sebelumnya hanya sekitar 700 porsi.

Ketua Badan Kemakmuran Masjid Islamic Center, Lhokseumawe, Tgk Ramli Amin, Senin (21/5/2018) menyebutkan pembagian kanji rumbi itu menjadi kegiatan tahunan di masjid terbesar dalam Kota Lhokseumawe tersebut.

“Donaturnya dari berbagai kalangan, dari pemerintah, kampus, BUMN/BUMD, perorangan. Semua menyumbang secara sukarela ke pengurus. Lalu kami himpun dan masak kanji rumbi ini untuk dibagikan pada masyarakat,” sebut Ramli.

Dia menyebutkan, penganan khas Aceh itu selalu ditunggu-tunggu masyarakat kota tersebut. Bahkan, masyarakat rela mengantre sejak pukul 16.30 WIB hingga waktu pembagian kanji rumbi jelang berbuka puasa.

Warga menunggu pembagian kanji rumbi gratis di halaman Islamic Center, Lhokseumawe, Aceh, Minggu (28/5/2017). KOMPAS.com/MASRIADI Warga menunggu pembagian kanji rumbi gratis di halaman Islamic Center, Lhokseumawe, Aceh, Minggu (28/5/2017).

Bubur daging dicampur rempah-rempah itu terkenal lezat. Namun, hanya mudah ditemukan selama bulan Ramadhan. Setiap hari empat tungku disiapkan untuk memasak kanji rumbi persis di depan Komplek Islamic Center.

“Masyarakat bisa membawa baki atau tempat sendiri untuk mengambil kanji ini. Kata masyarakat, kanji di sini lezat, sehingga mereka memilih antre,” kata Tgk Ramli.

Dia mengapresiasi kehadiran masyarakat untuk menikmati kanji rumbi itu. Selain itu, dia juga mengucapkan terima kasih pada seluruh donatur yang membantu pembagian kanji rumbi tersebut.

“Kita terus sediakan sampai Ramadhan terakhir kanji rumbi ini,” pungkas Ramli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com