Cari Menu Buka Puasa? Coba Santap Kapurung

Kompas.com - 21/05/2018, 08:27 WIB
Satu porsi Kapurung hanya Rp 10.000. KOMPAS.com/Amran AmirSatu porsi Kapurung hanya Rp 10.000.


PALOPO, KOMPAS.comKapurung atau biasa disebut Pugalu, adalah makanan khas warga Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Kapurung terbuat dari tepung Sagu yang dimasak atau disiram dengan air panas hingga membentuk lem, lalu dibuat ukuran kecil berbentuk bola pingpong.

Proses pembuatannya cukup sederhana. Setelah dibuat bola-bola pingpong kemudian dicampur dengan kuah sesuai selera.

Bola-bola itu bisa dicampur bisa dengan kuah ayam, ikan ataupun daging, dan dicampur dengan sayuran serta cabai tumbuk.

(Baca juga: Sengatan Sedap Kuah Kapurung)

Di Kota Palopo, bagi kebanyakan orang, berbuka belum lengkap rasanya tanpa menikmati Kapurung.

Kapurung menjadi makanan yang diburu saat berbuka puasa, selain karena rasanya, juga praktis buatnya dan dapat dijumpai di warung-warung makan.

“Rasanya wah enak, sekali makan lengkap dengan udang, ikan sayur dan rasanya pedas pedas asam. Kalau Kapurung ini sekaligus penghilang dahaga,” kata seorang penikmat kapurung, Ajis Prasetya saat ditemui di warung Pugalu, Minggu (20/5/2018) petang.

Menurut Ajis, dirinya tertarik menikmati sajian Kapurung di warung karena suasananya ramai, dan bisa ditambah dengan makanan lain.

Kapurung adalah salah satu sajian buka puasa khas di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.KOMPAS.com/Amran Amir Kapurung adalah salah satu sajian buka puasa khas di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

“Menikmati Kapurung enaknya kalau ramai ramai, dan bisa menikmati dengan menambah makanan lain seperti ikan bakar pedas, atau ikan Parede dan cah kangkung,” ujarnya.

Seorang pedagang Kapurung di depan Kantor Wali Kota Palopo, Ertika Nugrah mengatakan, selama bulan Ramadhan pengunjung di warung yang dikelolanya cukup ramai.

“Otomatis di bulan Ramadhan, Kapurung menjadi makanan utama warga setelah takjil, peminatnya mulai anak anak hingga dewasa,” tuturnya.

Pelanggan Kapurung, umumnya warga kota Palopo dan luar kota.

“Yang dari luar kota biasanya memesan atau dibungkus dalam berbagai porsi sesuai kebutuhannya,” lanjut Ertika.

Satu porsi Kapurung ukuran satu mangkok kecil dijual Rp 10.000. Harga tersebut udah lengkap dengan sayur, cabai tumbuk, dan kuahnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X