Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2018, 19:02 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertengahan Mei 2018, viral beberapa koleksi di Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) Jakarta rusak karena ulah pengunjung.

Dalam unggahan foto Instagram Story yang beredar, diperlihatkan ring bola karya Yayoi Kusama tergeser dan stikernya terkelupas.

KompasTravel mencoba mengonfirmasi pihak Museum MACAN terkait unggahan Instagram Story yang viral tersebut.

"Kami dari Museum MACAN ingin mengklarifikasi tidak ada karya yang rusak di pameran," kata Public Relations Museum MACAN, Nina Hidayat, Sabtu (19/5/2018).

Baca juga: Sabtu, Pameran Seni Yayoi Kusama di Museum MACAN Dibuka untuk Umum

Nina tidak memungkiri foto viral yang beredar di Instagram Story memang diambil pengunjung di Museum MACAN.

"Memang di foto IG Story itu ada karya bola (Yayoi Kusama) yang bergeser, tetapi itu tidak rusak. Masih bisa digeser kembali bolanya. Ada juga stiker di Obliteration Room, yang ditempel oleh setiap pengunjung yang datang. Sticker tersebut terbuat dari kertas, maka memang mudah sekali robek," jelas Nina Hidayat.

Ketika stiker robek, Nina menyebutkan itu salah satu perkembangan karya yang ditampilkan.

The Obliteration Room dalam pameran seni Yayoi Kusama: Life Is The Heart of A Rainbow pada 12 Mei-9 September 2018 di Museum MACAN, Jakarta, Rabu (9/5/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH The Obliteration Room dalam pameran seni Yayoi Kusama: Life Is The Heart of A Rainbow pada 12 Mei-9 September 2018 di Museum MACAN, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Pihak Museum MACAN sendiri selalu menghimbau pengunjung yang hadir untuk mentaati peraturan yang ada.

Upaya dilakukan dengan pemberitahuan di awal kunjungan, pengumuman di ruang pamer selama satu jam sekali, dan penjagaan dari petugas keamanan serta asisten museum.

"Kami memang punya tugas yang lumayan berat karena Museum MACAN adalah museum seni modern dan kontemporer pertama di Indonesia dan baru buka selama enam bulan. Dalam sehari di akhir pekan ada ribuan pengunjung yang datang ke museum," jelas Nina.

Baca juga: Besok, Museum MACAN nan Instagramable Dibuka untuk Umum

Untuk itu pihak Museum MACAN, disebutkan Nina, sudah mengetahui dan melakukan pencegahan terhadap segala risiko dari museum yang dibuka untuk masyarakat umum.

"Kami sudah siap untuk segala risiko dan proses edukasi jangka panjang. Kami juga menghimbau semua yang datang utuk mentaati peraturan yang telah disampaikan. Mohon kerja samanya, bukan cuma untuk keamanan karya tetapi juga kenyamanan pengunjung lain yang datang," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com