Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, 150.000 Wisatawan Ditargetkan Kunjungi Dieng

Kompas.com - 22/05/2018, 11:18 WIB
I Made Asdhiana

Editor

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menargetkan kunjungan wisatawan ke Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng selama libur Lebaran mencapai 100.000-150.000 orang.

"Target kami pada pekan Lebaran tahun ini yang ditetapkan selama 10 hari, sama seperti tahun sebelumnya, berkisar 100.000-150.000 wisatawan berkunjung ke Dieng. Kalau pendapatan ditarget Rp 1 miliar," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Dwi Suryanto di Banjarnegara, Senin (21/5/2018).

Ia mengaku optimistis KWDT Dieng tetap menjadi andalan Banjarnegara dalam mendongkrak pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata.

Baca juga: Ada Manisan Cabe di Dieng, Berani Coba?

Oleh karena itu, menurut Dwi, pihaknya terus berupaya melakukan penataan sebagai persiapan untuk menyambut wisatawan yang datang berkunjung ke Dieng saat libur Lebaran.

Destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017.
"Kami melakukan pembenahan di beberapa tempat. Selain itu, BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) juga sedang merehabilitasi Candi Sembadra di kompleks Candi Arjuna," katanya.

Ia mengharapkan wisatawan tetap aman dan nyaman selama berwisata di KWDT Dieng khususnya kompleks Candi Arjuna seiring dengan masih berlangsungnya rehabilitasi Candi Sembadra.

Dwi mengakui jika pihaknya tidak menampilkan pertunjukan di KWDT Dieng selama pekan Lebaran karena destinasi wisata itu menawarkan berbagai keindahan alam.

"Kami tidak menampilkan apa-apa kecuali memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan saja, karena di sana (KWDT Dieng) merupakan wisata alam. Berbeda dengan TRMS (Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas) yang sekarang dikelola perusahaan daerah, akan ada musik dangdut dan lain-lain," katanya.

Candi Arjuna, salah satu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Candi Arjuna, salah satu destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Foto diambil pertengahan November 2017.
Menurut dia, persiapan untuk menyambut libur Lebaran juga dilakukan terhadap sejumlah obyek wisata lainnya yang dikelola Dinparbud seperti Curug Pitu, Pemandian Air Hangat Pakisan, dan Pemandian Air Hangat Tempuran.

Bahkan, tambah Dwi, berbagai persiapan menyambut libur Lebaran juga dilakukan di berbagai destinasi wisata yang dikelola badan usaha milik daerah maupun swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com