Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Maskapai Rute Domestik Termurah di Dunia, Ada dari Indonesia

Kompas.com - 22/05/2018, 14:27 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Tigerair Australia ternyata merupakan maskapai penerbangan termurah dengan rute domestik di dunia, dihitung dari rata-rata harga tiket per kilometer.

Hal ini berasal dari laporan Global Flight Pricing yang disusun oleh situs perjalanan Rome2Rio, mengenai harga tiket penerbangan berbagai maskapai di dunia.

Tim riset dari Rome2rio menganalisa data harga tiket kelas ekonomi selama dua bulan periode dengan ukuran harga dollar AS per kilometer.

Dalam 20 besar rute domestik termurah, didominasi maskapai penerbangan Australia, Indonesia, dan India, sisanya ada negara Asia lainnya.

Baca juga: Maskapai Pertama dengan WiFi Gratis di Indonesia

Dalam laporan tersebut, Indonesia jadi urutan kedua negara yang memiliki rata-rata harga tiket rute domestik termurah, setelah Chile dengan tiga maskapainya.

Indonesia sendiri memiliki sembilan maskapai penerbangan besar dengan rute domestik. Indonesia AirAsia menjadi yang termurah, dan Wings Air menjadi yang termahal rata-rata harga tiketnya.

Berikut urutan 20 maskapai penerbangan termurah di dunia, dengan rute domestik, berdasarkan rata-rata harga tiket per kilometer:

  1. Tigerair Australia
  2. Jetstar
  3. Indonesia AirAsia
  4. JetSMART
  5. Indonesia AirAsia Extra
  6. Pobeda Airlines LLC
  7. Citilink Indonesia
  8. Batik Air
  9. Lion Mentari Airlines
  10. Sky Airline
  11. Thai Vietjet Air
  12. SunExpress
  13. PT Sriwijaya Air
  14. Thai Lion Mentari
  15. IndiGo Airlines
  16. Pegasus Airlines
  17. Virgin Australia
  18. AirAsia India
  19. Spring Airlines
  20. GoAir

Jajaran direksi AirAsia Indonesia, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata berfoto di depan pesawat AirAsia Indonesia bertipe Airbus 320 dengan gambar bertema pariwisata dan budaya Indonesia berupa Candi Borobudur, Gunung Bromo, dan Wayang serta logo Wonderful Indonesia dipamerkan di area Garuda Maintainance Facilities (GMF) Aeroasia, Banten, Rabu (13/9/2017). Pemasangan gambar-gambar bertema pariwisata Indonesia ini bertujuan untuk turut mempromosikan pariwisata Indonesia.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Jajaran direksi AirAsia Indonesia, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata berfoto di depan pesawat AirAsia Indonesia bertipe Airbus 320 dengan gambar bertema pariwisata dan budaya Indonesia berupa Candi Borobudur, Gunung Bromo, dan Wayang serta logo Wonderful Indonesia dipamerkan di area Garuda Maintainance Facilities (GMF) Aeroasia, Banten, Rabu (13/9/2017). Pemasangan gambar-gambar bertema pariwisata Indonesia ini bertujuan untuk turut mempromosikan pariwisata Indonesia.
Sedangkan urutan maskapai rute domestik Indonesia termurah dalam riset tersebut ialah:

  1. Indonesia AirAsia
  2. Indonesia AirAsia Extra
  3. Citilink Indonesia
  4. Batik Air
  5. Lion Mentari Airlines
  6. PT Sriwijaya Air
  7. NAM Air
  8. Garuda Indonesia
  9. Wings Air
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com