Kompas.com - 23/05/2018, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Ramadhan saatnya mencoba berbagai macam takjil, diantaranya kreasi kurma.

Kaum Restoran Jakarta punya satu hidangan unik dari sirup kurma yang bisa dicoba untuk berbuka puasa, yaitu es susu kurma.

Minuman ini merupakan kombinasi dari kurma, susu, dan buah. Salah satu buah yang digunakan untuk disajikan saat KompasTravel berkunjung ke Kaum, Selasa (22/5/2018) ialah pisang.

Teksturnya mirip smoothie, dengan perpaduan rasa pisang, susu, dan kurma. Anda juga bisa coba membuatnya.

Pembuatan takjil es susu kurma yang terbuat dari pisang, kurma, susu, dan air, di Kaum Jakarta, Selasa (22/5/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pembuatan takjil es susu kurma yang terbuat dari pisang, kurma, susu, dan air, di Kaum Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Pertama, Anda membuat sirup kurma yang terdiri dari kurma tanpa biji, air dan gula pasir. Ketiganya direbus sampai kurma lunak dan mudah dihancurkan.

"Tinggal di blender agar kurma halus merata," ujar Pius Ebang, Bar Manager Kaum Jakarta sembari mempraktekkan cara pembuatannya.

Setelah sirup kurma jadi, siap dicampur bahan-bahan lainnya. Siapkan satu buah pisang jenis cavendish, atau pisang ambon yang dipotong potong besar.

Masukan sirup kurma secukupnya ke dalam pisang, juga cream 100 mili liter, dan susu putih cair 500 mili liter.

Untuk penambah rasa dan warna, Anda bisa masukan susu kental manis cokelat secukupnya, dan tambahkan es batu sebelum semuanya di blender.

"Setelah ini di blender sebentar aja, hanya untuk menyatukan, dan siap dihidangkan," kata Pius.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.