Es Susu Kurma, Pilihan Minuman untuk Buka Puasa - Kompas.com

Es Susu Kurma, Pilihan Minuman untuk Buka Puasa

Kompas.com - 23/05/2018, 07:00 WIB
Takjil es susu kurma yang terbuat dari pisang, kurma, susu, dan air, di Kaum Jakarta, Selasa (22/5/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Takjil es susu kurma yang terbuat dari pisang, kurma, susu, dan air, di Kaum Jakarta, Selasa (22/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Ramadhan saatnya mencoba berbagai macam takjil, diantaranya kreasi kurma.

Kaum Restoran Jakarta punya satu hidangan unik dari sirup kurma yang bisa dicoba untuk berbuka puasa, yaitu es susu kurma.

Minuman ini merupakan kombinasi dari kurma, susu, dan buah. Salah satu buah yang digunakan untuk disajikan saat KompasTravel berkunjung ke Kaum, Selasa (22/5/2018) ialah pisang.

Teksturnya mirip smoothie, dengan perpaduan rasa pisang, susu, dan kurma. Anda juga bisa coba membuatnya.

Pembuatan takjil es susu kurma yang terbuat dari pisang, kurma, susu, dan air, di Kaum Jakarta, Selasa (22/5/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pembuatan takjil es susu kurma yang terbuat dari pisang, kurma, susu, dan air, di Kaum Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Pertama, Anda membuat sirup kurma yang terdiri dari kurma tanpa biji, air dan gula pasir. Ketiganya direbus sampai kurma lunak dan mudah dihancurkan.

"Tinggal di blender agar kurma halus merata," ujar Pius Ebang, Bar Manager Kaum Jakarta sembari mempraktekkan cara pembuatannya.

Setelah sirup kurma jadi, siap dicampur bahan-bahan lainnya. Siapkan satu buah pisang jenis cavendish, atau pisang ambon yang dipotong potong besar.

Masukan sirup kurma secukupnya ke dalam pisang, juga cream 100 mili liter, dan susu putih cair 500 mili liter.

Untuk penambah rasa dan warna, Anda bisa masukan susu kental manis cokelat secukupnya, dan tambahkan es batu sebelum semuanya di blender.

"Setelah ini di blender sebentar aja, hanya untuk menyatukan, dan siap dihidangkan," kata Pius.

Anda bisa bereksperimen dengan mengganti buah pisang, semisal dengan melon atau yang lainnya. Untuk memperkaya rasa, Anda juga bisa coba menggunakan pandan, kayu manis, ataupun vanila.

Pembuatan takjil es susu kurma yang terbuat dari pisang, kurma, susu, dan air, di Kaum Jakarta, Selasa (22/5/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pembuatan takjil es susu kurma yang terbuat dari pisang, kurma, susu, dan air, di Kaum Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Kombinasi kurma dan pisang dipilih Pius karena cocok untuk memulihkan tenaga seusai berpuasa. Keduanya memiliki kandungan glukosa yang cukup banyak.

Anda tentunya bisa mencoba es susu kurma ala Kaum di restonya. Hidangan ini khusus disajikan saat bulan Ramadhan.

Selain es susu kurma, Anda pun bisa memesan sajian unik lainnya seperti es nanas markisa, es madu jeruk, ea timun sereh, dan es blewah. Anda bisa menebus masing-masing sajian seharga Rp 35.000.

Selama bulan Ramadhan ini Kaum Jakarta selain menyajikan menu khusus, juga menyelenggarakan Pasar Papringan Goes to Kaum.

Anda bisa merasakan hidangan-hidangan tradisional ala Pasar Papringan di Temanggung, Jawa Tengah yang disajikan di Kaum dengan konsep pasar.

Barang-barang antik berbahan bambu khas Pasar Papringan pun dipamerkan dan dijual di sini, seperti radio, suvenir, alat masak, hingga sepeda.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X