Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2018, 18:20 WIB
I Made Asdhiana

Editor

PARIS, KOMPAS.com - Indonesian Diaspora Network (IDN) Perancis sukses menggelar acara Indonesia A Fascinating Journey di jantung kota Paris, tepatnya di depan Museum Louvre.

Tak kurang dari 4.500 pengunjung dengan antusias menghadiri Indonesia A Fascinating Journey yang berlangsung 14-19 Mei 2018.

Siaran pers Indonesian Diaspora Network (IDN) Perancis kepada KompasTravel, Rabu (23/5/2018), menyebutkan pengunjung yang hadir serasa melakukan perjalanan budaya ke nusantara dengan menyaksikan tarian tradisional dan peragaan busana.

Baca juga: Kekayaan Spa Indonesia Dipromosikan di Perancis

Mereka melihat pameran foto Borobudur, mengikuti workshop batik dan payung, menikmati aneka jajanan dan kopi khas Indonesia yang khusus dipersembahkan kepada penduduk lokal kota Paris dan turis mancanegara.

Tarian tradisional menghiasi pembukaan Indonesia A Fascinating Journey di jantung kota Paris, tepatnya di depan Museum Louvre. Indonesia A Fascinating Journey berlangsung 14-19 Mei 2018.Arsip Indonesian Diaspora Network (IDN) Perancis Tarian tradisional menghiasi pembukaan Indonesia A Fascinating Journey di jantung kota Paris, tepatnya di depan Museum Louvre. Indonesia A Fascinating Journey berlangsung 14-19 Mei 2018.
Presiden IDN Perancis, Nina Hanafi mengatakan bahwa acara ini adalah upaya diaspora Indonesia memperkenalkan Indonesia ke mainstream masyarakat Perancis.

“Selama ini kita sering membuat acara untuk kebanyakan orang Indonesia, tetapi kali ini kita coba untuk menampilkan Indonesia ke masyarakat Perancis untuk menunjukkan betapa luar biasa, kaya, dan indahnya tanah air kita,” tutur Nina.

Baca juga: Keragaman dan Kekayaan Indonesia Hadir di Paris

Wali kota arondisemen 1 Paris Jean-François Legaret menyambut baik upaya menghadirkan Indonesia ke tengah-tengah kota Paris.

Wali kota arondisemen 1 Paris Jean-François Legaret memberikan sambutan pembukaan Indonesia A Fascinating Journey di jantung kota Paris, tepatnya di depan Museum Louvre. Indonesia A Fascinating Journey berlangsung 14-19 Mei 2018. Arsip Indonesian Diaspora Network (IDN) Perancis Wali kota arondisemen 1 Paris Jean-François Legaret memberikan sambutan pembukaan Indonesia A Fascinating Journey di jantung kota Paris, tepatnya di depan Museum Louvre. Indonesia A Fascinating Journey berlangsung 14-19 Mei 2018.
Dalam sambutannya, ia mengatakan Indonesia memiliki kekayaan budaya yang menakjubkan.

“Adalah suatu kehormatan dan keasyikan tersendiri bagi saya dan segenap masyarakat Paris dapat menikmati kekayaan budaya Indonesia yang betul-betul menakjubkan,” kata Jean-François.

Acara Indonesia A Fascinating Journey merupakan acara budaya Indonesia di kota Paris terpanjang dalam sejarah, yaitu berlangsung selama enam hari tanpa berhenti di daerah bersejarah kota Paris.

Indonesia A Fascinating Journey berlangsung di Mairie Du 1er Arrondissement Paris, persis di depan Museum Louvre. Indonesia A Fascinating Journey digelar 14-19 Mei 2018. Arsip Indonesian Diaspora Network (IDN) Perancis Indonesia A Fascinating Journey berlangsung di Mairie Du 1er Arrondissement Paris, persis di depan Museum Louvre. Indonesia A Fascinating Journey digelar 14-19 Mei 2018.
Terselenggaranya acara ini dengan sukses tak lain berkat semangat gotong royong diaspora Indonesia serta didukung oleh Komisi Perancis untuk UNESCO, Pemerintah Kota Paris, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Perancis.

Turut hadir menyemarakkan acara antara lain, penyanyi Anggun C Sasmi, desainer Bai Populo dan Heri Bisma.

Presiden IDN-United Herry Utomo memuji upaya yang dilakukan oleh diaspora Indonesia di Perancis.

Penyanyi Anggun C Sasmi dan Nina Hanafi mengapresiasi peragaan busana dari Bai POPULO pada Indonesia A Fascinating Journey di jantung kota Paris, tepatnya di depan Museum Louvre. Indonesia A Fascinating Journey berlangsung 14-19 Mei 2018.Arsip Indonesian Diaspora Network (IDN) Perancis Penyanyi Anggun C Sasmi dan Nina Hanafi mengapresiasi peragaan busana dari Bai POPULO pada Indonesia A Fascinating Journey di jantung kota Paris, tepatnya di depan Museum Louvre. Indonesia A Fascinating Journey berlangsung 14-19 Mei 2018.
“Ini sebuah upaya besar untuk menghadirkan Indonesia di jantung kota Paris. Saya yakin ini akan meningkatkan citra Indonesia di kota Paris bahkan lebih,” kata  Herry.

Selain membuka acara Indonesia A Fascinating Journey, Herry juga memimpin regional meeting IDN-United di Eropa yang bertujuan untuk memperkuat jaringan diaspora Indonesia di Eropa agar dapat terus mempersembahkan yang terbaik bagi tanah air tercinta. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com