Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paspor Jepang Paling Kuat di Dunia, Bagaimana Indonesia?

Kompas.com - 24/05/2018, 09:10 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Paspor Jepang kini menjadi paspor yang paling kuat di dunia. Dalam laporan Henley Passport Index yang terbaru, pemegang paspor Jepang bisa bepergian ke 189 negara (dan destinasi) tanpa visa.

Paspor Singapura yang sebelumnya di peringkat pertama. Saat ini Singapura turun ke peringkat kedua. Selain Singapura, Jerman juga berada di peringkat kedua. Pemegang paspor dari kedua negara ini bisa bepergian tanpa visa ke 188 destinasi.

Bagaimana dengan Indonesia? Seperti dikutip dalam laporan Henley Passport Index tersebut, Indonesia berada di peringkat 67. Selain Indonesia, pada peringkat ini juga terdapat Kenya, Malawi, dan Swaziland. Pemegang paspor keempat negara ini bisa bepergian bebas visa ke 71 negara.

Dalam laporan versi regional untuk Asia Tenggara, peringkat pertama adalah Singapura, disusul Malaysia (secara global di peringkat 9). Pemegang paspor Malaysia bisa berkunjung tanpa visa ke 180 negara.

Pada peringkat ketiga untuk kategori regional Asia Tenggara adalah Brunei (secara global di peringkat 18) yang bisa berkunjung tanpa visa ke 165 negara. Selanjutnya di peringkat keempat adalah Timor Leste (secara global di peringkat 52) yang bisa berkunjung tanpa visa ke 98 negara.

Peringkat kelima adalah Thailand (secara global di peringkat 64) yang bisa berkunjung tanpa visa ke 76 negara. Paspor Indonesia berada di peringkat keenam untuk regional Asia Tenggara.

Sementara itu peringkat ketujuh sampai kesebelas secara berurutan untuk regional Asia Tenggara adalah Filipina, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Myanmmar. Pemegang paspor Filipina (secara global di peringkat 70) yang bisa berkunjung tanpa visa ke 66 negara.

Pemegang paspor Kamboja (secara global di peringkat 81) yang bisa berkunjung tanpa visa ke 54 negara. Sementara itu, pemegang paspor Laos (secara global di peringkat 83 yang bisa berkunjung tanpa visa ke 52 negara.

Pemegang paspor Vietnam (secara global di peringkat 84) yang bisa berkunjung tanpa visa ke 51 negara. Terakhir, pemegang paspor Myanmmar (secara global di peringkat 87) yang bisa berkunjung tanpa visa ke 48 negara.

Berdasarkan indeks yang sama, paspor Indonesia memegang predikat sebagai paspor dengan peringkat yang paling meningkat pesat untuk regional Asia Tenggara. Jika dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama, Indonesia naik 12 peringkat ke peringkat 67 pada tahun ini.

Tetangga lainnya Indonesia, seperti Papua Nugini dan Australia berada di atas Indonesia. Australia di peringkat 6 dengan akses tanpa visa ke 183 negara. Sementara itu, Papua Nugini di peringkat 59 dengan akses tanpa visa ke 83 negara.

Laporan Henley Passport Index disusun berdasarkan data eksklusif dari International Air Transport Association (IATA). Indeks ini diperbaharui secara real-time setiap ada kebijakan visa yang baru.

Henley Passport Index merupakan hasil survei dari membandingkan 199 paspor yang berbeda dengan 277 destinasi perjalanan yang berbeda-beda termasuk negara, teritori, dan negara mikro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com