Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Membeli Kurma Murah di Pasar Tanah Abang

Kompas.com - 25/05/2018, 21:20 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain musim ibadah haji, kurma juga diburu pembeli saat bulan Ramadhan. Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, jadi salah satu tempat berburu kurma di ibu kota.

Di tengah luasnya pasar grosir tersebut, terdapat kelompok penjual kurma yang tersebar di beberapa blok Pasar Tanah Abang.

Bagi Anda yang ingin survei untuk mengetahui mana penjual terbaik dengan harga yang cocok, tidak ada salahnya untuk menjajakinya satu per satu.

Baca juga: Cerita soal Kurma, dari Oleh-oleh Haji sampai Suguhan Raja...

Pertama, Anda bisa kunjungi sentra penjualan oleh-oleh haji di Blok C Pasar Tanah Abang. Di sini terdapat lebih dari 20 toko oleh-oleh haji, lengkap dengan berbagai jenis kurma.

Dari pantauan KompasTravel saat berkunjung ke Tanah Abang, Rabu (23/5/2018), tempat ini merupakan yang paling komplet jenis kurmanya. Beberapa pedagang besar menawarkan sampai 12 macam jenis kurma curah.

Aksesnya pun cukup strategis, karena dari sisi jalan sudah langsung terlihat deretan kios menjajakan kurma. Jika ingin harga yang lebih ekonomis, Anda bisa blusukan ke dalam gedungnya.

Penjual kurma di Pasar Tanah Abang Blok B, Rabu (23/5/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Penjual kurma di Pasar Tanah Abang Blok B, Rabu (23/5/2018).
Selain itu kurma juga ada di gedung Pasar Tanah Abang Blok F, berlokasi di lantai satu gedung berwarna merah. Anda bisa menemukan deretan kios oleh-oleh haji yang menawarkan harga kurma bervariasi.

Dari Blok F, Anda bisa lanjut survey ke sebelahnya, yaitu gedung Blok B Pasar Tanah Abang. Di dalam gedung lantai satu, tepatnya sisi timur yang bersebelahan dengan Blok F juga terdapat deretan penjual kurma.

Baca juga: Kurma di Tanah Abang, Paling Mahal Kurma Nabi Rp 350.000 per Kilogram

Penjual kurma di sini memang tidak sebanyak tempat-tempat lainnya, tetapi soal harga, tentu bisa diadu.

Di sini KompasTravel mendapatkan harga terendah se-Pasar Tanah Abang untuk beberapa jenis kurma. Seperti kurma tunisia dan kurma madu mesir.

Di Jalan KH Mansyur, hampir semua penjual menjual jenis kurma yang sama, seperti Kurma Ajwa atau yang dikenal juga dengan kurma Nabi Muhammad SAW , Kurma Tunisia, Madinah, Mesir, dan Kurma Medjool atau California, Kamis (17/5/2018).KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Di Jalan KH Mansyur, hampir semua penjual menjual jenis kurma yang sama, seperti Kurma Ajwa atau yang dikenal juga dengan kurma Nabi Muhammad SAW , Kurma Tunisia, Madinah, Mesir, dan Kurma Medjool atau California, Kamis (17/5/2018).
Satu lagi tempat untuk Anda berburu kurma di Tanah Abang ialah di sisi Jalan KH Mas Mansyur. Terdapat belasan pedagang kaki lima dan beberapa ruko yang menjual perlengkapan dan oleh-oleh haji.

Lokasi ini terbilang cukup jauh dari blok-blok lainnya di Pasar Tanah Abang. Namun Anda juga bisa mendapatkan harga yang bervariasi dari tiap jenis kurmanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com