Kompas.com - 25/05/2018, 21:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain musim ibadah haji, kurma juga diburu pembeli saat bulan Ramadhan. Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, jadi salah satu tempat berburu kurma di ibu kota.

Di tengah luasnya pasar grosir tersebut, terdapat kelompok penjual kurma yang tersebar di beberapa blok Pasar Tanah Abang.

Bagi Anda yang ingin survei untuk mengetahui mana penjual terbaik dengan harga yang cocok, tidak ada salahnya untuk menjajakinya satu per satu.

Baca juga: Cerita soal Kurma, dari Oleh-oleh Haji sampai Suguhan Raja...

Pertama, Anda bisa kunjungi sentra penjualan oleh-oleh haji di Blok C Pasar Tanah Abang. Di sini terdapat lebih dari 20 toko oleh-oleh haji, lengkap dengan berbagai jenis kurma.

Dari pantauan KompasTravel saat berkunjung ke Tanah Abang, Rabu (23/5/2018), tempat ini merupakan yang paling komplet jenis kurmanya. Beberapa pedagang besar menawarkan sampai 12 macam jenis kurma curah.

Aksesnya pun cukup strategis, karena dari sisi jalan sudah langsung terlihat deretan kios menjajakan kurma. Jika ingin harga yang lebih ekonomis, Anda bisa blusukan ke dalam gedungnya.

Penjual kurma di Pasar Tanah Abang Blok B, Rabu (23/5/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Penjual kurma di Pasar Tanah Abang Blok B, Rabu (23/5/2018).
Selain itu kurma juga ada di gedung Pasar Tanah Abang Blok F, berlokasi di lantai satu gedung berwarna merah. Anda bisa menemukan deretan kios oleh-oleh haji yang menawarkan harga kurma bervariasi.

Dari Blok F, Anda bisa lanjut survey ke sebelahnya, yaitu gedung Blok B Pasar Tanah Abang. Di dalam gedung lantai satu, tepatnya sisi timur yang bersebelahan dengan Blok F juga terdapat deretan penjual kurma.

Baca juga: Kurma di Tanah Abang, Paling Mahal Kurma Nabi Rp 350.000 per Kilogram

Penjual kurma di sini memang tidak sebanyak tempat-tempat lainnya, tetapi soal harga, tentu bisa diadu.

Di sini KompasTravel mendapatkan harga terendah se-Pasar Tanah Abang untuk beberapa jenis kurma. Seperti kurma tunisia dan kurma madu mesir.

Di Jalan KH Mansyur, hampir semua penjual menjual jenis kurma yang sama, seperti Kurma Ajwa atau yang dikenal juga dengan kurma Nabi Muhammad SAW , Kurma Tunisia, Madinah, Mesir, dan Kurma Medjool atau California, Kamis (17/5/2018).KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Di Jalan KH Mansyur, hampir semua penjual menjual jenis kurma yang sama, seperti Kurma Ajwa atau yang dikenal juga dengan kurma Nabi Muhammad SAW , Kurma Tunisia, Madinah, Mesir, dan Kurma Medjool atau California, Kamis (17/5/2018).
Satu lagi tempat untuk Anda berburu kurma di Tanah Abang ialah di sisi Jalan KH Mas Mansyur. Terdapat belasan pedagang kaki lima dan beberapa ruko yang menjual perlengkapan dan oleh-oleh haji.

Lokasi ini terbilang cukup jauh dari blok-blok lainnya di Pasar Tanah Abang. Namun Anda juga bisa mendapatkan harga yang bervariasi dari tiap jenis kurmanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.