Kompas.com - 28/05/2018, 13:41 WIB

Jakarta, KOMPAS.com — Mudik Lebaran segera datang. Ke mana Anda mudik tahun ini? Jika tujuan mudik Anda di kawasan Pulau Jawa dan menggunakan kereta api, Anda akan melewati beberapa terowongan.

Nah, terowongan apa saja yang dilintasi jalur kereta api di Pulau Jawa?

Terowongan Sasaksaat

Jika melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya menggunakan layanan kereta api, Anda akan melewati sebuah terowongan panjang bernama Terowongan Sasaksaat.

Baca juga: KAI: Dilarang Ngabuburit di Jalur Kereta Api

Perjalanan kereta yang melalui terowongan ini antara lain KA Serayu dan KA Argo Parahyangan.

Terowongan sepanjang 949 meter ini terletak di Desa Sumurbandung, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat dan termasuk dalam wilayah DAOP II Bandung.

Penjaga terowongan kereta api Sasaksaat sedang menjalankan tugasnya.HER SUGANDA Penjaga terowongan kereta api Sasaksaat sedang menjalankan tugasnya.

Terowongan Sasaksaat dibangun pada tahun 1902–1903.

Mengutip harian Kompas, 16 Agustus 2002, Terowongan Sasaksaat merupakan tulang punggung transportasi Jakarta-Bandung yang berada di daerah patahan atau sesar minor.  

Terowongan Kebasen, Notog, dan Ijo

Anda akan melintasi tiga terowongan jika melakukan perjalanan dari Jakarta-Surabaya dan sebaliknya melalui jalur selatan.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.