5 Tips Liburan agar Lebih Praktis dan Hemat - Kompas.com

5 Tips Liburan agar Lebih Praktis dan Hemat

Kompas.com - 28/05/2018, 19:14 WIB
Ilustrasi liburanbeer5020 Ilustrasi liburan

KOMPAS.com - Bulan Juni mendatang, masyarakat Indonesia dimanjakan dengan beragam hari libur. Mulai dari Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, sampai deretan hari libur Lebaran yang bersamaan dengan libur panjang sekolah.

Bulan Agustus pun, masyarakat bisa menikmati libur Hari Kemerdekaan. Ada pula Idul Adha, serta kemungkinan libur sekolah untuk mendukung lancarnya pesta olahraga Asian Games.

Hari libur, tak bisa dipungkiri, bisa berakibat pada pengeluaran lebih daripada yang terencana untuk kebutuhan sehari-hari. Namun dengan bermodalkan sedikit ketelatenan dan informasi, Anda bisa sedikit berhemat dalam menyiapkan berbagai keperluan untuk perjalanan liburan.

Berikut 5 tips yang wajib diketahui dalam merencanakan liburan agar lebih praktis dan hemat

1. Tujuan domestik: beli keperluan online diantar ke tujuan

Liburan keluarga berarti Anda punya beragam keperluan untuk dibawa. Seperti susu kaleng atau popok untuk balita. Hal ini bisa membebani biaya tambahan pada layanan bagasi.

Untuk menghindari hal ini Anda dapat membeli produk tersebut sebelum bepergian secara online untuk diantarkan ke hotel atau tempat tujuan Anda.

Sesampainya di tempat tujuan Anda tinggal mengambil barang tersebut untuk digunakan.

Cek dan informasikan terlebih dahulu dengan pihak hotel untuk hal ini. Meskipun tidak semua resepsionis hotel setuju, namun hal ini mulai banyak dilakukan.

Dalam prakteknya, hotel bersedia menerima kiriman barang tamu yang akan menginap untuk diambil pada saat cek-in.

Ini bisa membantu Anda untuk travelling lebih praktis dan tidak terbeban dengan barang bawaan yang banyak dan berat selama perjalanan.

2. Berlibur ke luar negeri: bawa dari rumah

Kecuali tujuan liburan Anda adalah berbelanja, hindari membeli pernak-pernik keseharian secara spontan di tujuan berlibur.

Produk di Indonesia dijamin lebih murah dikarenakan Anda telah mengenal harga barang serta beragam penjual yang menawarkan terbaik untuk barang keperluan Anda.

Kemungkinan besar di tempat liburan yang Anda tuju Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk mendapatkan harga murah dari suatu produk. Apalagi ketika melibatkan kurs mata uang asing yang cenderung fluktuatif.

3. Produk berbahan quick-dry dan tahan air

Liburan identik dengan aktivitas fisik di beragam cuaca yang tidak terprediksi. Baiknya membeli beberapa pakaian kasual dengan bahan quick-dry.

Bahan ini lazim digunakan untuk kostum olahraga dengan kelebihan mampu menyerap keringat lebih cepat dan melepaskannya ke udara. Membuat pakaian cepat kering saat udara panas dan lembab ataupun ketika basah terkena air.

Beberapa produsen juga menjual sepatu dan tas ransel dengan bahan tahan air untuk keperluan travelling.

‘Investasi’ pada produk-produk semacam ini Anda bisa terhindar dari pengeluaran tak terduga untuk membeli pakaian/sepatu untuk menggantikan yang rusak karena aktivitas atau cuaca.

4. Periksa jaringan kerja sama perusahaan transportasi dan akomodasi

Jangan keburu membuang boarding pass maskapai, tiket kereta ataupun tiket wahana hiburan. Sebaliknya, periksa cantuman pada lembar tiket atau kunjungi situs perusahaan tersebut.

Banyak pelaku bisnis pariwisata bekerja sama dengan sesama pelaku industri relevan menawarkan diskon atau produk/layanan gratis kepada konsumen dengan menunjukkan bukti tertentu (bisa berupa tiket, konfirmasi pemesanan dan sebagainya).

Salah satu kerjasama terbaik yang direkomendasikan adalah program kemitraan agoda dengan beragam maskapai penerbangan dunia seperti GarudaMiles dari Garuda Indonesia dan KrisFlyer milik Singapore Airlines yang dinamakan PointsMAX dimana setiap pemesanan hotel di situs agoda konsumen bisa mendapatkan miles ekstra dari keanggotaan maskapai yang sudah diikuti.

Banyak pelaku bisnis pariwisata bekerja sama dengan sesama pelaku industri relevan menawarkan diskon atau produk/layanan gratis kepada konsumen dengan menunjukkan bukti tertentu (bisa berupa tiket, konfirmasi pemesanan dan sebagainya). AGODA Banyak pelaku bisnis pariwisata bekerja sama dengan sesama pelaku industri relevan menawarkan diskon atau produk/layanan gratis kepada konsumen dengan menunjukkan bukti tertentu (bisa berupa tiket, konfirmasi pemesanan dan sebagainya).
5. Manfaatkan program loyalitas dan rewards

Daftarkan diri Anda ke program reward/loyalitas pilihan yang persyaratan mendaftarnya cukup sederhana dan tidak memakan waktu namun memberikan imbalan yang maksimal. Seperti program Gift Card agoda.

Cukup dengan login/masuk ke dalam akun agoda, otomatis konsumen sudah terdaftar dan langsung mendapatkan kredit Gift Card dengan nilai tertentu setiap melakukan pemesanan hotel lewat situs dan aplikasi agoda.

Kredit yang diperoleh pun bisa langsung digunakan untuk memotong harga pemesanan hotel berikutnya tanpa harus melalui proses akumulasi poin ataupun persyaratan pembelian minimum.

Batas waktu penggunaan kredit Gift Card ini cukup lama hingga  2 tahun untuk masa berlakunya. Ini adalah fitur unggulan agoda untuk pelanggan supaya bisa langsung berhemat dalam merencanakan perjalanan ataupun liburan.

Daftarkan diri Anda ke program reward/loyalitas pilihan yang persyaratan mendaftarnya cukup sederhana dan tidak memakan waktu namun memberikan imbalan yang maksimal.AGODA Daftarkan diri Anda ke program reward/loyalitas pilihan yang persyaratan mendaftarnya cukup sederhana dan tidak memakan waktu namun memberikan imbalan yang maksimal.


Komentar
Close Ads X