Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Beyond Bali" Dipromosikan di India

Kompas.com - 30/05/2018, 09:07 WIB
I Made Asdhiana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Indonesia untuk India Sidharto R Suryodipuro berupaya mempromosikan destinasi wisata Indonesia di luar Pulau Bali (Beyond Bali) kepada masyarakat India.

Menurut Dubes Arto di Jakarta, Selasa (29/5/2018), selama ini Bali telah menjadi magnet kuat yang dapat menarik kunjungan wisatawan India hingga mencapai 485.000 orang pada 2017 atau meningkat 28,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tetapi banyak masyarakat India yang belum mengetahui ada tempat seperti Borobudur dan Prambanan," katanya.

Baca juga: Setelah Makau, AirAsia Akan Terbang Langsung dari India ke Indonesia

Karena itu, Dubes Arto mengundang masyarakat India yang mayoritas beragama Hindu untuk mengunjungi Indonesia dan membuktikan sendiri branding atas obyek wisata candi tersebut.

Selain itu, Dubes juga mempromosikan destinasi wisata di Pulau Sumatera yang letaknya paling dekat dengan India. Yang menjadi tantangan dalam pengembangan promosi wisata Indonesia ke India adalah transportasi udara.

Baca juga: Pitana: India Pasar Potensial Pariwisata Indonesia

Saat ini telah tersedia 28 kali penerbangan langsung dalam satu minggu yang menghubungkan beberapa daerah di India dan Indonesia.

Tetapi jumlah ini masih perlu ditambah, mengingat banyak wisatawan India harus transit terlebih dahulu di Singapura, Malaysia, dan Thailand untuk bisa mencapai Indonesia.

Pertunjukan Sigale-gale telah mengakar ratusan tahun di Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, Sumatera Utara.ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pertunjukan Sigale-gale telah mengakar ratusan tahun di Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, Sumatera Utara.
"Tantangannya adalah bagaimana mereka bisa datang langsung ke Indonesia dengan konektivitas lebih baik. Peningkatan konektivitas ini sedang dibahas oleh kedua negara," kata Dubes Arto.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan maskapai asal India untuk melayani penerbangan langsung dari dan ke Indonesia.

Sejumlah destinasi yang ditawarkan antara lain Silangit di Sumatera Utara, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Batam di Kepulauan Riau, Bangka Belitung, dan Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com