Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipe Wisatawan India yang Diincar Kementerian Pariwisata

Kompas.com - 30/05/2018, 16:49 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Kemenpar mengincar pasar pernikahan turis India guna meningkatkan jumlah wisatawan inbound.

"Beberapa yang disukai oleh India, nomor satunya wedding (pernikahan). Pasangan wedding dari India itu ke Thailand angkanya puluhan ribu, itu yang mau kita ambil," ujar Arief saat diwawancarai seusai pembukaan Pameran Layang Layang Bersama Indonesia dan India di Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Selain pernikahan, faktor lain yang membuat orang Indonesia berwisata ke luar negeri adalah terinspirasi oleh tokoh penting, bisa negarawan atau selebiriti.

Meski demikian, Arief menyebutkan, tidak ada dana untuk mengundang seleb Bollywood ke Indonesia. Sebab, biayanya terlampau mahal.

"Satu aktris Bollywood bisa sampai 5 juta dollar AS. Kita juga bisa menjadi tempat penyelenggaraan Festival Film India Internasional, tempat aktris Bollywood berkumpul. Itu di Bali bisa, tetapi harganya terlalu tinggi, kecuali ada sponsor baru bisa," ujar Arief.

Ia menyebutkan pasar wisatawan India sangat menjanjikan. Pertumbuhannya kedua tercepat setelah China.

"Padahal, tahun lalu belum ada direct flight, tetapi jumlahnya sudah banyak. Memang permintaan dari agen travel itu merata minta lebih banyak direct flight," kata Arief.

Pada 2017, jumlah kunjungan wisatawan India ke Indonesia mencapai 485.314 orang. Jumlah ini meningkat 28,798 persen atau sebanyak 108.512 orang, dibandingkan tahun 2016 sebesar 376.802 wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com