Kompas.com - 30/05/2018, 16:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Kemenpar mengincar pasar pernikahan turis India guna meningkatkan jumlah wisatawan inbound.

"Beberapa yang disukai oleh India, nomor satunya wedding (pernikahan). Pasangan wedding dari India itu ke Thailand angkanya puluhan ribu, itu yang mau kita ambil," ujar Arief saat diwawancarai seusai pembukaan Pameran Layang Layang Bersama Indonesia dan India di Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Selain pernikahan, faktor lain yang membuat orang Indonesia berwisata ke luar negeri adalah terinspirasi oleh tokoh penting, bisa negarawan atau selebiriti.

Meski demikian, Arief menyebutkan, tidak ada dana untuk mengundang seleb Bollywood ke Indonesia. Sebab, biayanya terlampau mahal.

"Satu aktris Bollywood bisa sampai 5 juta dollar AS. Kita juga bisa menjadi tempat penyelenggaraan Festival Film India Internasional, tempat aktris Bollywood berkumpul. Itu di Bali bisa, tetapi harganya terlalu tinggi, kecuali ada sponsor baru bisa," ujar Arief.

Ia menyebutkan pasar wisatawan India sangat menjanjikan. Pertumbuhannya kedua tercepat setelah China.

"Padahal, tahun lalu belum ada direct flight, tetapi jumlahnya sudah banyak. Memang permintaan dari agen travel itu merata minta lebih banyak direct flight," kata Arief.

Pada 2017, jumlah kunjungan wisatawan India ke Indonesia mencapai 485.314 orang. Jumlah ini meningkat 28,798 persen atau sebanyak 108.512 orang, dibandingkan tahun 2016 sebesar 376.802 wisatawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.