Israel Tutup Pintu untuk Turis Indonesia, Ini 3 Situs Agama Paling Penting

Kompas.com - 31/05/2018, 19:10 WIB
Dome of the Rock, yang berada di kompleks yang sama dengan Masjid Al-Aqsa di Jerusalem. AFP Photo/Thomas CoexDome of the Rock, yang berada di kompleks yang sama dengan Masjid Al-Aqsa di Jerusalem.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 9 Juni 2018, pemerintah Israel melarang turis Indonesia berkunjung ke sana. Kebijakan diterbitkan sebagai bentuk balasan atas pelarangan turis Israel masuk ke Indonesia.

Israel selama ini diketahui menjadi gerbang masuk untuk ziarah keagamaan oleh penganut tiga agama, yakni Islam, Kristen, dan Yahudi.

Baca juga: ASITA: Wisata ke Israel Harus Kita Alihkan Dulu

Keputusan Israel untuk melarang turis Indonesia masuk berarti melarang turis Indonesia untuk berziarah ke beberapa situs keagamaan.

Berikut ini adalah tiga situs agama yang paling penting, masing-masing untuk agama Islam, Kristen, dan Yahudi:

1. Masjid Al Aqsa

Masjid penting bagi umat Islam, situs ketiga tersuci setelah Mekah dan Madinah. Al Aqsa seringkali masuk dalam paket tur umroh yang memang dikhususkan bagi umat Muslim Indonesia.

(Baca juga: Per 9 Juni, Turis Indonesia Dilarang Masuk ke Israel)

Al Aqsa sampai saat ini menjadi pusat keagamaan bagi Muslim yang tinggal di daerah Israel dan Palestina.  

Para pemimpin Kristen mengambil langkah langka untuk menutup Gereja Makam Suci, yang dibangun di lokasi pemakaman Yesus di Yerusalem, Israel, sebagai protes rencana aturan pajak pemerintah Israel dan sebuah undang-undang properti yang diusulkan, Minggu (25/2/2018). (AFP/Gali Tibbon).
Para pemimpin Kristen mengambil langkah langka untuk menutup Gereja Makam Suci, yang dibangun di lokasi pemakaman Yesus di Yerusalem, Israel, sebagai protes rencana aturan pajak pemerintah Israel dan sebuah undang-undang properti yang diusulkan, Minggu (25/2/2018). (AFP/Gali Tibbon).

2. Church of the Holy Sepulchre (Gereja Makam Kudus)

Dikenal juga sebagai Church of the Resurrection. Menjadi situs Kristen paling suci di dunia.

(Baca juga: Wisatawan Indonesia Dilarang ke Israel, Ini Kerugiannya)

Berdiri di tanah yang dipercaya sebagai lokasi Yesus disalibkan dan makam tempatnya dikuburkan. Gereja ini menjadi tujuan ziarah penting sejak abad ke-4.

Tembok RatapanKOMPAS/TRIAS KUNCAHYONO Tembok Ratapan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X