Kompas.com - 01/06/2018, 20:15 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, saat meresmikan Patung Soekarno di Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (1/6/2018) KOMPAS.com/Sigiranus Marutho BereMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, saat meresmikan Patung Soekarno di Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (1/6/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin berlibur akhir pekan ini sembari mengenang lahirnya Pancasila di Nusantara, nampaknya dua acara ini cocok untuk dihadiri.

Kota pengasingan Bung Karno di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) punya dua acara khusus memperingati Hari Pancasila.

Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Ende akan menggelar Festival Parade Pesona Kebangsaan dan Bulan Soekarno.

Acara tersebut diselenggarakan beriringan, Festival Parade Pesona Kebangsaan mulai 20-31 Mei 2018 dan puncaknya pada 1 Juni 2018. Acara Bulan Soekarno mulai digelar 1-21 Juni 2018.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Beni Wahon mengatakan, Festival Parade Pesona Kebangsaan digelar untuk mengenang awal mula Bung Karno diasingkan ke Ende.

"Jadi parade ini menceritakan tentang awal mula Bung Karno diasingkan oleh Belanda ke Ende sehingga masyarakat tahu akan sejarah tersebut," ucap Beni kepada KompasTravel, Minggu (20/5/2018).

Rumah pengasingan Bung Karno di Ende. Menurut cerita tutur, Bung Karno menimba air sumur dua kali sehari untuk olahraga dan mandi sekeluarga.  J PAMUDJI SUPTANDAR Rumah pengasingan Bung Karno di Ende. Menurut cerita tutur, Bung Karno menimba air sumur dua kali sehari untuk olahraga dan mandi sekeluarga.

Parade tersebut merupakan bagian dari parade kebangsaan sebagai diorama mengenang kembali diasingkannya Bung Karno dari Batavia ke Ende pada tahun 1934-1938.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, untuk memperingati bagaimana sari-sari Pancasila digali oleh Bung Karno di Ende.

Acara Bulan Soekarno akan diisi sejumlah kegiatan. Mulai lomba pidato, bazar, hingga lomba trekking.

Makna dalam Bulan Soekarno ini yakni tanggal 1 Juni hari lahirnya Pancasila, tanggal 6 Juni hari lahirnya Soekarno, dan di 21 Juni wafatnya Soekarno.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.