Kompas.com - 03/06/2018, 06:15 WIB
Semangkuk soto tauto di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOSemangkuk soto tauto di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Mudik Lebaran tentunya menjadi momen yang ditunggu-tunggu setelah menjalankan ibadah puasa. Selain berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman, wisata kuliner pun bisa mesti dicoba.

Nah, bagi yang mudik atau melewati Pekalongan, Jawa Tengah, jangan lupa untuk mencicipi kuliner soto tauto. Apa itu tauto? Tauto adalah bumbu tauco yang nantinya disantap bersama soto.

(Baca juga: Hhmm... Gurihnya Soto Tauto Pekalongan)

KompasTravel sempat mencicipi soto tauto di tengah perjalanan Merapah Trans Jawa 3. Pada kesempatan kali ini, KompasTravel menuju Soto Tauto Bang Dul di bilangan Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan.

Soto tauto berisi bihun, tauge dan potongan kol dicampur di dalam mangkuk, kemudian disusul jeroan sapi. Ada pilihan lain yaitu daging ayam bagi yang tak ingin menyantap daging sapi.

Penjual soto tauto di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan menyiapkan kuliner soto tauto. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Penjual soto tauto di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan menyiapkan kuliner soto tauto. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.
Semua bahan sayur dan daging lalu ditambahkan sesendok bumbu tauco dan racikan bumbu rempah-rempah. Proses terakhir yaitu menyiramkan kuah kaldu serta menaburkan daun bawang.

Untuk menikmati soto tauto, Anda bisa makan dengan tambahan kerupuk kulit. Ada juga taburan usus kering yang bisa ditambahkan.

(Baca juga: Lain Soto, Lain Kuahnya...)

Pemilik Warung Soto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Dedek Hariyanto (32) mengatakan soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto Tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.

"Soto tauto ini makanan segala kalangan. Biasanya dicari orang-orang yang sedang mudik. Orang Jakarta yang mudik pasti mampir ke Pekalongan cari soto tauto," kata Dedek saat berbincang dengan KompasTravel di warungnya, Sabtu (2/6/2018) malam.

Semangkuk soto tauto serta nasi putih di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Semangkuk soto tauto serta nasi putih di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.
Rasa soto tauto pun berbeda dengan soto lainnya. Satu yang paling terasa berbeda adalah penggunaan tauco yang mengubah rasa kuah menjadi terasa lebih segar dan sedikit pedas.

"Yang bikin khas soto tauto dari soto lain itu, taucona. Bumbu sotonya ada rempah-rempah seperti serai, kunyit, lengkuas, daun salam, dan merica," ujar anak kedua dari pemilik Warung Soto Tauto Bang Dul.

(Baca juga: Apakah Semakin ke Barat Soto Lamongan Semakin Berbeda?)

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.