Soto Tauto Pekalongan, Kuliner Incaran Artis hingga Pejabat...

Kompas.com - 03/06/2018, 08:06 WIB
Penjual soto tauto di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan menyiapkan kuliner soto tauto. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOPenjual soto tauto di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan menyiapkan kuliner soto tauto. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Bila mudik lewat Pekalongan, Jawa Tengah, soto tauto adalah salah satu pilihan untuk berwisata kuliner. Soto dengan pilihan daging sapi dan ayam itu punya ciri khas yaitu penggunaan tauco.

Pemilik Warung Soto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Dedek Hariyanto (32) mengatakan soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan.

Soto Tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.

Baca juga: Mudik Lewat Pekalongan, Jangan Lupa Makan Soto Tauto

"Di seluruh Kota Pekalongan ada yang jual soto tauto. Biasanya masyarakat jual sendiri, gak bareng makanan lain," kata Dedek saat ditemui KompasTravel di sela-sela perjalanan Merapah Trans Jawa 3 di warungnya, Sabtu (2/6/2018) malam.

Pemilik Warung Soto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Dedek Hariyanto (32) dengan istrinya. Dedek merupakan anak kedua Bang Dul yang mengembangkan kuliner soto tauto. Ia sudah merintis usaha soto tauto sendiri sejak enam tahun yang lalu.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pemilik Warung Soto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Dedek Hariyanto (32) dengan istrinya. Dedek merupakan anak kedua Bang Dul yang mengembangkan kuliner soto tauto. Ia sudah merintis usaha soto tauto sendiri sejak enam tahun yang lalu.
Soto tauto pun banyak diincar oleh wisatawan dari segala kalangan. Dedek menyebut dari mulai masyarakat biasa, artis hingga pejabat pun menyantap kuliner soto tauto.

"Artis-artis kalau syuting offline di Pekalongan, pasti mampir makan soto tauto. Waktu itu pernah Pak Hanif Dhakiri (Menteri Ketenagakerjaan) mampir di warungnya bapak (Bang Dul)," ujarnya.

Baca juga: Nasi Goreng di Pekalongan Akan Menjadi Daya Tarik Wisata Kuliner

Bagi masyarakat Pekalongan, soto tauto pun sudah hidup dalam keseharian. Kata Dedek, masyarakat Pekalongan dari segala kalangan biasa menyantap soto tauto tak terbatas waktu.

"Hari-hari biasa soto tauto selalu ramai. Tapi biasanya ramai makan siang," tambahnya.

Semangkuk soto tauto di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Semangkuk soto tauto di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.
Soto tauto sendiri berisi bihun, tauge dan potongan kol dicampur di dalam mangkuk, kemudian disusul jeroan sapi. Ada pilihan lain yaitu daging ayam bagi yang tak ingin menyantap daging sapi.

Semua bahan sayur dan daging lalu ditambahkan sesendok bumbu tauco dan racikan bumbu rempah-rempah. Proses terakhir yaitu menyiramkan kuah kaldu serta menaburkan daun bawang.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X