Pilihan Beda, Oleh-oleh Soto Tauto dari Pekalongan

Kompas.com - 04/06/2018, 14:22 WIB
Semangkuk soto tauto di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOSemangkuk soto tauto di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Oleh-oleh batik atau tauco mungkin sudah biasa bila berkunjung ke Pekalongan, Jawa Tengah. Namun, bagaimana dengan soto tauto?

Di sebuah warung soto tauto di Pekalongan yaitu Warung Soto Bang Dul, wisatawan bisa membeli soto tauto untuk oleh-oleh.

Wisatawan bisa mendapatkan bahan-bahan soto tauto mulai dari bihun, tauco, hingga bumbu soto.

Pemilik Warung Soto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Pekalongan, Dedek Hariyanto (32) mengatakan sejumlah turis dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Madura dan daerah-daerah lain sering membeli soto tauto untuk oleh-oleh.

"Jadi soto tauto bisa buat oleh-oleh paling tahan lama 1-2 hari. Ada yang sudah langganan. Kadang ada 5-10 lebih buat dibungkus," ujar Dedek saat ditemui KompasTravel di sela-sela perjalanan Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com di warungnya, Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu malam.

Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto Tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto Tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.

Untuk oleh-oleh, soto tauto dikemas secara terpisah. Kuah soto, bumbu tauco, dan isi soto dibungkus dengan masing-masing satu plastik.

"Sampai rumah langsung dihangatkan kalau mau makan. Kalau gak langsung makan, bisa masuk kulkas dulu," tambahnya.

Adapun harga soto tauto di Warung Soto Tauto Bang Dul untuk oleh-oleh berkisar mulai Rp 17.000 per porsi. Warung Soto Bang Dul buka mulai pukul 07.00 WIB.

Semangkuk soto tauto serta nasi putih di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Semangkuk soto tauto serta nasi putih di Warung Soto Tauto Bang Dul cabang Jalan Gajah Mada, Kota Pekalongan. Soto tauto merupakan kuliner khas Pekalongan. Soto tauto sendiri merupakan salah satu kuliner yang dicari wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.

Soto tauto berisi bihun, tauge dan potongan kol dicampur di dalam mangkuk, kemudian disusul jeroan sapi. Ada pilihan lain yaitu daging ayam bagi yang tak ingin menyantap daging sapi.

Semua bahan sayur dan daging lalu ditambahkan sesendok bumbu tauco dan racikan bumbu rempah-rempah. Proses terakhir yaitu menyiramkan kuah kaldu serta menaburkan daun bawang.

Baca tentang


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X