Imbas Menang Penghargaan, Riau Ditawar Banyak Investor Pariwisata

Kompas.com - 05/06/2018, 19:21 WIB
Istana Siak Sri Indrapura di Pekanbaru, Riau. BARRY KUSUMAIstana Siak Sri Indrapura di Pekanbaru, Riau.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan salah satu penghargaan yang prestisius dalam bidang pariwisata.

Ajang kompetisi pariwisata antardaerah ini sudah memasuki tahun ketiga dalam pelaksanaannya. Semakin tahun, semakin banyak daerah yang berpartisipasi. Sehingga kategorinya pun terus berkembang.

Tahun ini ada 18 ketegori yang dilombakan API. Terdapat kategori modifikasi dari beberapa kategori di tahun sebelumnya. Antara lain Wisata Halal, Wisata Kreatif, dan Cendera Mata.

Seberapa besar dampak penghargaan-penghargaan tersebut terhadap pariwisata daerah?

Tahun lalu Provinsi Riau berhasil menjadi juara umum, dengan memenangkan enam kategori dan satu juara dua, dari total 15 kategori. 

"Karena sistemnya voting, dukungan langsung dari wisatawan dan masyarakat kita bisa mengukur trust terhadap pariwisata daerah," kata Fahmizal, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau saat konferensi pers API di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (15/6/2018).

Dari sisi investasi, ia mengakui adanya banyak tawaran investor untuk pariwisata Riau pasca mendapat penghargaan tersebut.

"Mereka banyak tanya soal investasi, bagaimana menanamkan modalnya di sini (Riau). CSR juga jadi banyak yang menjalankan programnya untuk pariwisata Riau, contohnya BI," ujar Fahmizal.

Fahmizal juga mengatakan terjadi kenaikan hingga lebih dari 20 persen untuk pergerakan wisatawan nusantara di tahun yang sama.

"Wisatawan mancanegara khususnya dari Malaysia itu lebih dari 17 persen naiknya," kata Fahmizal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X