Ini Pilihan Wisata Murah Meriah di Jayapura - Kompas.com

Ini Pilihan Wisata Murah Meriah di Jayapura

Kompas.com - 06/06/2018, 04:19 WIB
Bukit Buper Wamena merupakan bukit yang terletak di salah satu pulau kecil di sekitar Danau Sentani, Papua.KOMPAS.COM/gaby Bukit Buper Wamena merupakan bukit yang terletak di salah satu pulau kecil di sekitar Danau Sentani, Papua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Papua tidak perlu diragukan lagi sebagai salah satu destinasi yang banyak dituju oleh wisatawan dalam hingga luar negeri. Keindahan alam yang masih terjaga menjadi nilai tambah untuk beberapa tempat wisata di Papua. 

Papua bukan hanya tentang Raja Ampat, namun masih banyak lagi pilihan destinasi yang tidak kalah menakjubkan di sana. Tanpa merogoh kocek yang dalam, beberapa pilihan destinasi berikut sangat cocok untuk para backpacker

Baca juga: Mencari Thomas Maay di Festival Danau Sentani...

Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi di sekitar Kota Jayapura. Kota Jayapura merupakan ibu kota Provinsi Papua. Letaknya sendiri kurang lebih 25 km dari Bandara Sentani dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

1. Danau Sentani

Wisata perahu Danau Sentani dapat digunakan untuk mengelilingi sembari menikmati keindahan Danau Sentani.KOMPAS.COM/gaby Wisata perahu Danau Sentani dapat digunakan untuk mengelilingi sembari menikmati keindahan Danau Sentani.
Destinasi pertama yang perlu anda kunjungi adalah Danau Sentani. Nama danau ini pasti tidak asing di telinga kita. Danau ini merupakan danau terluas di Papua, bahkan di danau ini terdapat 21 pulau kecil yang ikut serta menghiasinya.

Tempat wisata Danau Sentani ini sangat mudah dijangkau oleh wisatawan. Anda juga dapat menikmati keindahannya dengan mengelilingi danau ini menggunakan perahu wisata yang telah disediakan.

 Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Melihat Pari Manta di Raja Ampat?

Untuk menarik wisatawan, tempat wisata ini mengadakan Festival Danau Sentani tiap tahun. Kegiatan ini biasanya diadakan pada pertengahan tahun.

Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner dan buah tangan khas Papua. Bukan hanya itu anda juga akan disuguhkan dengan berbagai pementasan upacara adat khas Papua. 

2. Bukit Jokowi

Pemandangan Teluk Youtefa di ambil dari bukit Jokowi, Jayapura, Papua. KOMPAS.COM/gaby Pemandangan Teluk Youtefa di ambil dari bukit Jokowi, Jayapura, Papua.
Bukit Jokowi ini terletak di tanjakan Skyline, Kota Jayapura. Ya, nama bukit ini diambil dari nama Presiden Indonesia, Joko Widodo. Bukit ini merupakan tempat bersantai sambil menikmati es kelapa muda yang dijual oleh pemilik kedai es kelapa di sana.

Pemilik kedai es kelapa menamai bukit ini dengan sebutan Bukit Jokowi karena bukit ini pernah disambangi oleh Presiden Joko Widodo.

Anda tidak perlu merogoh kocek untuk dapat menikmati pemandangan di sini. Anda hanya perlu membeli es kelapa muda untuk dapat menikmati keindahan Teluk Youtefa. 

3. Air Terjun Cyclop

Air terjun cyclop menurupakan salah satu air terjun yang berada di kaki gunung Cyclop, Sentani, Jayapura, Papua. KOMPAS.COM/gaby Air terjun cyclop menurupakan salah satu air terjun yang berada di kaki gunung Cyclop, Sentani, Jayapura, Papua.
Air Tejun Cyclop berada dekat dengan Bandara Sentani dengan jarak 25 km dari Kota Jayapura. Untuk bisa menikmati air terjun ini anda harus mendaki kaki gunung sekitar 20 menit. Jalur pendakian ini merupakan jalan setapak.

Walaupun jalurnya sendiri cukup menantang, pendakian yang anda tempuh sangatlah seimbang dengan pemandangan yang akan disuguhkan oleh Air Terjun Cyclop.

Selama perjalanan pun anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan di kaki gunung. Di air terjun ini anda akan melihat batu-batu besar dan air yang jernih.

Penduduk dan wisatawan juga bisa berenang di sungai ini. Anda tidak perlu merogoh kocek untuk menikmati wisata ini, yang anda perlukan hanya tenaga. 

4. Danau Love

Danau love atau telaga cinta memiliki nama asli Danau Imfore yang terletak di Jayapura, Papua. Penduduk sekitar memberi namanya danau love karena bentuknya yang menyerupai hati. KOMPAS.COM/gaby Danau love atau telaga cinta memiliki nama asli Danau Imfore yang terletak di Jayapura, Papua. Penduduk sekitar memberi namanya danau love karena bentuknya yang menyerupai hati.
Danau ini aslinya bernama Danau Imfote, namun penduduk sekitar menamainya dengan Danau Love atau Telaga Cinta karena bentuk danau ini sendiri berbentuk hati.

Selain menikmati pemandangan di pinggir danau, anda juga bisa menikmati bukit dengan hamparan padang rumput di sekitar danau.

Anda juga bisa menikmati papeda, makanan khas Papua yang dijual oleh penduduk sekitar. Untuk menikmati danau ini anda hanya perlu membayar kurang lebih Rp 40.000 sekaligus untuk parkir kendaraan anda.



Close Ads X