2 Tradisi Adat Unik di Bangka Selatan, Sudah Pernah Lihat?

Kompas.com - 08/06/2018, 09:10 WIB
Jalan Raya Jenderal Soedirman, Toboali, Bangka Selatan. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOJalan Raya Jenderal Soedirman, Toboali, Bangka Selatan.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Toboali City of Fire Season III akan kembali digelar di Toboali, Bangka Selatan, Bangka. Acara unggulan pariwisata provinsi Bangka Belitung ini telah diselenggarakan selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Event dengan kolaborasi dari beberapa kegiatan baik yang bersifat seni budaya, olahraga maupun pariwisata yang dilaksanakan selama tiga hari penuh, 28-30 Juli 2018.

Bila ingin berlibur ke Bangka Selatan, Anda dapat mengunjungi acara Toboali City On Fire dan menyaksikan berbagai tradisi adat unik Bangka Selatan.

Berikut dua tradisi adat unik Bangka Selatan yang dapat Anda nikmati.

1. Nganggung 1.000 Dulang

Tradisi ini disebut Makan Tanggong 1.000 Dulang. Warisan budaya yang telah turun-menurun ini dilakukan untuk mengingat kebiasaan nenek moyang makan dulang bersama.

Makan berdulang merupakan tradisi adat istiadat makan bersama tanpa memandang status sosial dari masyarakat yang mengikuti tradisi dari Pulau Belitong ini.

Nganggung adalah budaya membawa makanan lengkap di atas dulan yang akan ditutup dngan tudung saji merah bermotif.

Dulang adalah nampan yang dibuat dari kuningan berbentuk bulat. Para masyarakat akan duduk lesehan bersama-sama sambil turut menyantap menu-menu di dulang.

Duduk sama rendah menghadap dulang yang berisikan makanan.KOMPAS.COM/gaby Duduk sama rendah menghadap dulang yang berisikan makanan.

2. Ritual Adat Buang Jung

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X