Sejarah Kereta Api di Jawa, Ditarik 4 Ekor Kuda dari Purwosari hingga Boyolali

Kompas.com - 08/06/2018, 10:32 WIB
Ilustrasi: kereta api KOMPAS/MOCH S HENDROWIJONOIlustrasi: kereta api

KOMPAS.com - Perkembangan perkeretaapian Tanah Air semakin pesat dan canggih. Pemesanan tiket online, waktu tempuh semakin singkat, relasi perjalanan yang semakin beragam, dan lain-lain.

Pernahkah terpikir, pada masa lalu, ada kereta penumpang yang ditarik oleh 4 ekor kuda? Ada kereta barang yang lokomotifnya ditarik oleh seekor lembu?

Ya, ini terjadi pada masa lalu. 

Pemberitaan Harian Kompas, 29 Agustus 1969, menyebutkan, pada awal adanya kereta api, trayek atau rute yang ditempuh tidak terlalu jauh.

Baca juga: Inilah Terowongan yang Anda Lewati jika Naik Kereta Api di Pulau Jawa

Sementara, jumlah perusahaan yang mengelola perjalanan kereta api sempat mencapai 10 perusahaan.

Saat penjajahan Jepang, perusahaan-perusahaan ini dilebur.  

Kereta penumpang ditarik oleh empat ekor kuda

Disebutkan, pada awal 1900-an, ada kereta yang ditarik oleh lembu dan kuda.

Pada masa itu, lokomotif kereta angkutan barang ditarik oleh lembu. Kereta ini mengangkut tebu milik pabrik gula, bukan kereta penunpang untuk umum.

Sementara, kereta api penumpang ditarik oleh kuda yang berjumlah 4 ekor. Saat itu, perjalanan yang ditempuh dari Purwosari hingga Boyolali.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X