Jangan Tersesat, Ini Panduan ke Bandara Ahmad Yani yang Baru - Kompas.com

Jangan Tersesat, Ini Panduan ke Bandara Ahmad Yani yang Baru

Kompas.com - 09/06/2018, 08:11 WIB
Suasana di terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6/2018). Presiden Joko Widodo direncanakan meresmikan bangunan terminal baru untuk beroperasi secara penuh pada hari ini.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Suasana di terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6/2018). Presiden Joko Widodo direncanakan meresmikan bangunan terminal baru untuk beroperasi secara penuh pada hari ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi wisatawan atau warga Semarang yang akan menggunakan terminal baru Bandara Ahmad Yani tidak perlu bingung dengan lokasinya

Terminal bandara yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (7/6/2018) ini memang berubah lokasi, menjadi lebih ke pesisir utara Semarang.

Kini lokasinya lebih dekat ke Pusat Rekreasi Promosi dan Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah, juga Obyek Wisata Puri Maerokoco, yang terkenal dengan julukan Taman Mini Jawa Tengah.

Baca juga: Inilah Istimewanya Bandara Baru Ahmad Yani Semarang bagi Wisatawan

Berikut panduan arahnya untuk Anda yang berasal dari Jakarta, Kendal atau Pantura, Kota Semarang, dan dari Bandara Ahmad Yani lama.

Wisatawan asal Belanda terlihat menikmati City Tour Kota Semarang, Jawa Tengah yang mengambil rute Hotel Santika-Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Toko Oen dan Kawasan Kota Lama, Rabu (26/7/2017).TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA Wisatawan asal Belanda terlihat menikmati City Tour Kota Semarang, Jawa Tengah yang mengambil rute Hotel Santika-Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Toko Oen dan Kawasan Kota Lama, Rabu (26/7/2017).
1. Dari Kota Semarang

Berawal dari monumen Tugu Muda atau Lawang Sewu, Anda arahkan kendaraan ke Tugu Adipura, melintasi jembatan Banjir Kanal Barat di Jalan Jenderal Sudirman.

Setelah lewat Tugu Adipura, Anda memutari Taman Madukoro untuk masuk ke Jalan Madukoro Raya. Anda akan melintasi Jalan Madukoro Raya sekitar satu kilometer, menyusuri sisi Banjir Kanal Barat.

Baca juga: Foto: Mudik Ke Semarang, Intip Fasilitas Mewah Terminal Baru di Bandara Ahmad Yani

Setelah itu, Anda akan dihadapkan belokan ke kiri, arah PRPP atau Puri Anjasmoro, masih di nama jalan yang sama. Setelah belok kiri, tidak lama Anda akan melewati gedung Merbabu PRPP, dan jalan masuk Puri Anjasmoro.

Setelah melewati jalan lurus, di sisi Anda ada obyek wisata Maerokoco, tidak jauh dari situlah Anda akan disambut gerbang terminal Bandara Ahmad Yani yang baru.

Ruang tunggu di terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Kamis (7/6/2018)PT ANgkasa Pura I/Arif Haryanto Ruang tunggu di terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Kamis (7/6/2018)
2. Dari Jakarta, Jalur Pantura, ataupun Kendal

Dari Jakarta memasuki Semarang, Anda akan keluar tol di Jalan Siliwangi, melintas Jalur Pantura Semarang-Kendal. Sedangkan dari Kendal, Anda akan tetap di Jalur Pantura tersebut.

Dari sana Anda akan melewati fly over di persimpangan bandara Ahmad Yani yang lama, ditandai dengan bangunan besar Rumah Sakit Columbia.

Ambil jalur lurus ke arah kota melintas Jalan Yos Sudarso, sekitar dua kilometer, Anda akan melewati gapura Puri Anjasmoro dan SPBU Arteri.

Sekitar 100 meter dari SPBU tersebut Anda akan dihadapkan dengan belokan ke kiri arah Jalan Madukoro Raya. Setelah belok kiri, beberapa meter ada bundaran, ambil lurus arah Jalan Puri Anjasmoro.

Suasana di terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6/2018). Presiden Joko Widodo meresmikan bangunan terminal baru untuk beroperasi secara penuh pada hari ini.KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA Suasana di terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/6/2018). Presiden Joko Widodo meresmikan bangunan terminal baru untuk beroperasi secara penuh pada hari ini.
Di jalan tersebut sebelah kanan Anda ada Obyek Wisata Maerokoco, lurus terus, barulah masuk ke area terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang.

3. Dari Bandara Ahmad Yani Lama

Anda keluar dari gerbangnya, dan di Rumah Sakit Columbus, Anda ambil kiri arah Jalan Yos Sudarso.

Untuk seterusnya Anda bisa mengikuti arahan seperti jalur dari Jakarta atau Kedal.


Komentar
Close Ads X