Kompas.com - 09/06/2018, 10:15 WIB
Turis China di depan Istana Buckingham di London, Inggris. Getty Images/AFPTuris China di depan Istana Buckingham di London, Inggris.

KOMPAS.com - Pada tahun 2000, hanya 10,5 juta penduduk China yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Angka ini hanya 1,5 persen dari keseluruhan wisatawan internasional (seluruh penduduk dunia yang melakukan perjalanan ke negara lain) pada tahun tersebut.

Namun, pada tahun 2017, tercatat 145 juta wisatawan asal China yang melakukan perjalanan ke luar negeri, menurut data dari China Outbound Tourism Research Institute. Sebagai perbandingan, lebih dari satu dari 10 wisatawan internasional adalah pemegang paspor China.

Mereka tidak hanya besar dalam jumlah wisatawan, tetapi juga jumlah pengeluaran. Dari data yang sama, tercatat pengeluaran turis China di seluruh dunia sebesar 261 miliar dollar AS pada tahun 2016.

Baca juga: Begini Pertimbangan Turis China Memilih Hotel untuk Liburan...

Hal menarik lainnya 10 persen penduduk China memiliki paspor. China sendiri mencatat jumlah penduduk sebanyak 1,4 miliar jiwa.

China Outbound Tourism Research Institute memprediksi jumlah penduduk China yang melakukan perjalanan ke luar negeri akan mencapai lebih dari 400 juta pada tahun 2030. Namun jika melihat tren pertumbuhan belakangan ini, jumlah lebih realistis ada di angka 300 juta pada tahun 2030.

Baca juga: China Larang Penduduk yang Berperilaku Buruk untuk Melancong

Destinasi yang dituju wisatawan China paling banyak ke "Greater China" atau Hongkong, Makau, dan Taiwan. Lebih dari setengah jumlah wisatawan China mengunjungi ketiga destinasi ini.

Namun persentasenya menurun sejak tahun 2015 karena wisatawan China memilih untuk melakukan perjalanan lebih jauh ke destinasi-destinasi yang bagi mereka lebih eksotis dan asing.

Setelah ketiga destinasi tersebut, destinasi yang paling populer bagi wisatawan China pada tahun 2017 adalah Thailand yang mendapat kunjungan 10 juta wisatawan China. Destinasi populer selanjutnya adalah Jepang, Vietnam, dan Korea Selatan. Destinasi populer selanjutnya di peringkat 8 sampai 10 adalah Singapura, Amerika Serikat, dan Italia.

Sementara itu menurut United Nations World Tourism Organisation, rata-rata per hari wisatawan China mengeluarkan uang dua kali lipat dibanding wisatawan dari negara lainnya. Hal ini mengapa sebagian besar badan pariwisata negara-negara di dunia berusaha menarik kunjungan wisatawan China.

10 Destinasi Populer bagi Wisatawan China:

1. Hongkong
2. Macau
3. Taiwan
4. Thailand
5. Jepang
6. Vietnam
7. Korea Selatan
8. Singapura
9. Amerika Serikat
10. Italia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.