Mudik Lewat Pantura? Ini Alternatif Oleh-oleh yang Bisa Anda Beli - Kompas.com

Mudik Lewat Pantura? Ini Alternatif Oleh-oleh yang Bisa Anda Beli

Kompas.com - 09/06/2018, 13:02 WIB
Calon pembeli memilih baju batik di pusat grosir batik Trusmi, Plered, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (27/10/2012). Meski kini pemasaran sudah merambah via online, batik trusmi masih mempunyai kendala yaitu warga Trusmi yang berkeahlian membatik jumlahnya kini kian berkurang. KOMPAS/AGUS SUSANTO Calon pembeli memilih baju batik di pusat grosir batik Trusmi, Plered, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (27/10/2012). Meski kini pemasaran sudah merambah via online, batik trusmi masih mempunyai kendala yaitu warga Trusmi yang berkeahlian membatik jumlahnya kini kian berkurang.

KOMPAS.com - Mudik tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh bagi sanak keluarga.

Nah, jika pada mudik Lebaran kali ini Anda melakukan perjalanan melewati jalur Pantura, ini daftar oleh-oleh yang bisa jadi pilihan untuk membeli buah tangan.

Cirebon

1. EB Batik Tradisional Cirebon

Kota Cirebon merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan batiknya.

Salah satu gerai yang menjual batik khas Cirebon adalah EB Batik, yang terletak di Jalan Panembahan Utara, Cirebon, Jawa Barat.

Toko ini menyediakan berbagai motif batik Cirebon seperti topeng, lereng patra, pincuk, lereng kembang, dan mega mendung.

Ada pula kuliner seperti nasi jamblang, lengko, dan docang.

2. Pusat oleh-oleh Khanoman

Seorang pelayan di pusat oleh-oleh DaudCirebon, sedang menunjukan Sirup Tjampolay yang merupakan minuman khas Cirebon, Selasa (5/8/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Seorang pelayan di pusat oleh-oleh DaudCirebon, sedang menunjukan Sirup Tjampolay yang merupakan minuman khas Cirebon, Selasa (5/8/2017).
Salah satu alasan kawasan sentra oleh-oleh di Cirebon adalah kawasan Khanoman. Di kawasan ini, ada satu toko yang biasanya menjadi tujuan wisatawan membeli oleh-oleh yaitu Toko Sinta.

Oleh-oleh yang tersedia di antaranya manisan buah, sirup tjampolay, ikan asin, dan pisang sale.

Selain toko ini, banyak juga pilihan toko oleh-oleh lainnya di kawasan Khanoman.

3. Batik Trusmi

Batik Trusmi merupakan salah satu toko batik dan oleh-oleh paling terkenal dan terbesar di Cirebon.

Salah satu gerai terbesar di Kampung Trusmi, tepatnya di Jalan Trusmi Kulon No. 148 Plered, Cirebon.

Selain batik, di bagian depan toko ada selendang, pasmina, dan beragam aksesoris.

Batik Trusmi juga menyediakan blok khusus yang menjual oleh-oleh kuliner khas Cirebon, mulai dari aneka kerupuk, sirup, dan terasi udang.

Tegal

Toko Argasari

Pia Aren merupakan kuliner khas Tegal yang sangat digemari. Jika Anda berada atau melintasi Tegal, jangan lupa menyempatkan diri berkunjung ke Toko Argasari.

Selain bisa membawa pulang Pia Aren, Anda juga bisa membeli oleh-oleh lain seperti telur asin kecap, dan aneka manisan khas Tegal. 

Brebes

Pusat oleh-oleh Jalan Diponegoro

Kawasan ini merupakan kawasan yang menjual oleh-oleh khas Brebes, terutama telur asin. Sejumlah toko bisa menjadi alternatif Anda untuk berburu oleh-oleh.

Ada beberapa varian telur asin, misalnya, telur asin klasik (telur asin biasa), telur bakar, dan telur asap.

telur asin BrebesTribun Jateng/Fajar Eko Nugroho telur asin Brebes

Pada telur asin klasik, putih telur memiliki rasa asin dan gurih.

Sementara, putih telur pada telur asin dan telur asap berasa asin, gurih dan memiliki aroma bawang.

Pekalongan

1. Tautjo Pulau Djawa

Tauco adalah bumbu yang terbuat dari kacang kedelai kuning atau hitam yang telah direbus, dihaluskan, dan diaduk dengan tepung terigu, kemudian difermentasikan.

Tauco sering dipakai untuk berbagai masakan. Tauco juga bisa jadi "cocolan" saat menyantap makanan seperti tahu dan tempe goreng juga tambahan bumbu soto.

Salah satu tempat yang menyediakan tauco khas pekalongan adalah Tautjo Pulau Djawa yang terletak di Jalan Salak Pekalongan.

Panganan ini bisa juga bisa ditemui di pasar-pasar Pekalongan seperti Pasar Sentiling.

2. Brownut Megono di Hotel Santika

Brownut Megono merupakan kreasi brownis dari bahan Megono.

Megono adalah hidangan khas Pekalongan yang terbuat dari cacahan nangka muda, kecombrang, sereh, dan bumbu lainnya.

Brownies sendiri dibuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, dan lain-lain.

Sementara, megono terlebih dahulu dikeringkan hingga minim kadar air dengan metode slow cooking agar awet beberapa hari.

3. Warung Soto Bang Dul

Selain tauco, pangan lain yang jadi ikon Pekalongan adalah soto tauto. Wisatawan bisa membeli soto tauto untuk oleh-oleh.

Untuk oleh-oleh, soto tauto dikemas secara terpisah. Kuah soto, bumbu tauco, dan isi soto dibungkus dengan masing-masing satu plastik.

Soto tauto bisa langsung dihangatkan ketika sampai di rumah atau disimpan di lemari pendingin.

Semarang

1. Jalan Pandanaran

Pengunjung memenuhi pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/9). Banyaknya pengunjung yang ingin membeli buah tangan, seperti wingko, bandeng juwana, dan jenang, untuk dibawa balik ke kotanya setelah mudik telah diantisipasi oleh para pemilik toko dengan menambah stok dagangannya. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Pengunjung memenuhi pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/9). Banyaknya pengunjung yang ingin membeli buah tangan, seperti wingko, bandeng juwana, dan jenang, untuk dibawa balik ke kotanya setelah mudik telah diantisipasi oleh para pemilik toko dengan menambah stok dagangannya.
Jalan Pandanaran merpakan jalan tersibuk di Semarang dan dikenal sebagai salah satu pusat keramaian.

Di sepanjang jalan banyak ditemukan toko atau warng yang menyajikan buah tangan khas Semarang, seperti lumpia, tahu bakso, moci, bandeng presto, getuk, seta makanan lainnya.

2. Lumpia Gang Lombok

Berada di gang Lombok Nomor 11, tempat ini merupakan gerai tertua di Semarang.

Lumpia dapat dibeli secara basah atau goreng tergantung selera.

Namun, jika Anda membeli lumpia untuk dibawa perjalanan jauh, lebih baik memilih membeli lumpia goreng karena bisa tahan hingga tiga hari dibanding lumpia basah yang hanya 24 jam.

3. Lekker Paimo

Warung kaki lima ini terletak di Jalan Karanganyar Nomor 37.

Lekker Paimo menyediakan beragam variasi isi kue lekker, dan memiliki dua jenis kulit yakni lekker tipis kering dan tebal.

Jika ingin dibawa untuk oleh-oleh, baiknya membeli kulit jenis tipis kering dan dismpan dalam wadah kedap udara.

Salah satu makanan khas dari Kabupaten Pati adalah sega gandhul (nasi gandul). Yaitu terdiri dari nasi, kuah dan daging sapi. Biasanya ditambah tempe goreng dan jeroan. Disajikan dalam sebuah piring yang dialasi selembar daun  pisang dan selembar suru (semacam sendok juga dari bahan daun pisang).SUPRAPTO Salah satu makanan khas dari Kabupaten Pati adalah sega gandhul (nasi gandul). Yaitu terdiri dari nasi, kuah dan daging sapi. Biasanya ditambah tempe goreng dan jeroan. Disajikan dalam sebuah piring yang dialasi selembar daun pisang dan selembar suru (semacam sendok juga dari bahan daun pisang).
Pati

Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan kuliner khas Bumi Minatani. berkunjung atau melewati Kabupaten Pati, tak lengkap rasanya bila tak membawa kuliner satu ini.

Terbuat dari daging sapi atau bagan jeroan sapi, yang diolah hingga menjadi babat, lepon, jeroan, hingga daging itu sendiri.

Sementara, kuahnya dibuat dengan memadukan bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, jahe, kayu manis, serta santan kelapa hitam dari Bali.

Rembang

Toko Purnama

Toko ini menjual kacang entis, salah satu oleh-oleh khas Lasem, Rembang. Selain kacang entis, toko ini juga menjual emping jagung, kacang atom, dan yopi

Anda juga bisa membawa pulang Yopia. Yopia merupakan kue kering berkulit tipis, yang di dalamnya terdapat lapisan gula merah.

Selain itu, ada pula sirup Kawista. Sirup ini merupakan minuman khas Rembang yang terbuat dari olahan buah kawista.

Surabaya

1. Cak Cuk

Layaknya Bali dengan Joger-nya, Surabaya juga memiliki outlet kaus khas bernama Cak Cuk. Sama seperti produsen kaus khas lainnya, Cak Cuk juga menyediakan desain kaus yang unik dan kreatif.

Outlet yang palin terkenal berada di Jalan Dharmawangsa 35. Tak hanya kaus, outlet ini juga menyediakan pin, magnet, mug, dan tas.

2. Sambal Bu Rudy

Tempat ini masuk dalam daftar oleh-oleh bagi pecinta sambal yang berkunjungke Surabaya. Sambal Bu Rudy menyediakan beragam varian sambal seperti sambal terasi, sambal ijo, sambal bajak, sambal ikan peda, sambal bawang, sambal udang, dan lain sebagainya.

Toko ini terletak di Jalan Dharmawangsa nomor 140.

3. Spikoe Resep Kuno

Spikoe merupakan kue lapis yang menggunakan resep kuno. Berbeda dengan kue lapis lainnya, Spikoe memiliki tiga lapis dengan dua warna yakni kuning, coklat, kuning.


Spikoe Resep Kuno berlokasi di Jalang Rungkut Madya 41.

KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO Ketupat

Kompas TV Lomang, bahasa Mandailing untuk makanan Lemang.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar
Close Ads X