Mau Berlibur ke Jepang? Anda Bisa Menginap di Kuil Bersejarah - Kompas.com

Mau Berlibur ke Jepang? Anda Bisa Menginap di Kuil Bersejarah

Kompas.com - 09/06/2018, 14:08 WIB
ILUSTRASI - Wisatawan di taman kuil di JepangThinkstock ILUSTRASI - Wisatawan di taman kuil di Jepang

KOMPAS.com - Salah satu agenda wajib saat traveling ke Jepang adalah mengunjungi kuil di Jepang. Ada ribuan kuil bersejarah di Jepang yang berusia ratusan tahun. Di Jepang, ada dua jenis kuil yaitu kuil Buddha (otera) dan kuil Shinto (jinja).

Pengalaman berkunjung ke kuil di Jepang akan semakin berkesan. Jasa pariwisata terbaru di Jepang memberikan kesempatan bagi turis untuk bermalam di kuil untuk kali pertama.

Situs perjalanan, Terahaku (yang berarti menginap di kuil), merupakan proyek baru yang bisa digunakan pelancong untuk melihat dan memesan penginapan di dalam kuil secara online.

Baca juga: Tiket Ini Rahasia Trik Hemat Biaya Perjalanan di Jepang

Terahaku akan mulai beroperasi pada 18 Juli 2018 dan akan menghadirkan 100 kuil yang bisa dipilih saat peluncurannya. Salah satunya adalah kuil Mii-dera atau dikenal juga sebagai kuil Onjo-ji, yang berlokasi dekat danau terbesar di Jepang, Biwa-Ko, di Prefektur Shiga.

Rencananya, pada tiga tahun ke depan Terahaku akan menghadirkan 1.000 kuil dalam direktori mereka.

Baca juga: Sumiyoshi Jinja, Salah Satu Kuil Tertua di Jepang

Proyek ini juga bekerja sama dengan Booking.com dan Airbnb sehingga pelancong dari berbagai negara bisa memesan dengan lebih nyaman karena adanya berbagai pilihan platform dan bahasa.

Proyek ini bisa terjadi karena adanya kebijakan terbaru dari pemerintah Jepang mengenai penginapan untuk pelancong.

Kebijakan ini membuka kesempatan untuk masyarakat Jepang menyewakan properti pribadi sebagai penginapan. Sebelumnya kebijakan ini berlaku hanya untuk beberapa daerah saja, tetapi kini berlaku di seluruh Jepang.

"Kami sangat senang Terahaku akan dapat membantu turis mendapatkan pengalaman budaya tradisional Jepang dan juga sejarahna," ungkap juru bicara dari Waqoo Co., perusahaan yang menaungi Terahaku, kepada Lonely Planet Travel News.

Beberapa kuil juga menawarkan kesempatan bagi tamu untuk berpartisipasi dalam kegiatan budaya, seperti meditasi, menulis sutra, mengikuti ibadah pagi, dan menyantap shojin ryori, kuliner tradisional vegetarian yang biasa disantap para biksu Buddha.


Komentar
Close Ads X