Sensasi Menikmati Makanan di Restoran Tengah Sawah - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan MLDSPOT Content Hunt 2

Sensasi Menikmati Makanan di Restoran Tengah Sawah

Kompas.com - 10/06/2018, 03:47 WIB
Restoran Sari Organik ada di tengah sawah di Ubud, Gianyar BaliDok MLDSpot Content Hunt Seasion 2 Restoran Sari Organik ada di tengah sawah di Ubud, Gianyar Bali

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, terutama masyarakat perkotaan yang sehari-hari melihat gedung-gedung bertingkat, berada di atas bukit dan menyaksikan pemandangan alam bisa jadi adalah hal yang menyenangkan. Apalagi kalau kegiatan itu dilakukan sambil menyantap hidangan lezat.

Di Bali khususnya di Ubud, aktivitas menikmati santapan lezat di atas bukit bisa ditemui di rumah makan Sari Organik. Terletak di Jalan Subak Sok Wajah, Tjampuhan, Ubud, Gianyar restoran ini tidak hanya mampu menyuguhkan panorama alami berupa persawahan, tetapi menu makanan yang disajikan juga alami.

Ini terjadi karena bahan-bahan makanan dari restoran itu berasal dari tanaman organik yang mereka tanam sendiri di lahan seluas 4.000 meter persegi. Tak hanya itu, Sari Organik menggandeng pula petani untuk menanam tanaman organik.

"Pada awalnya Sari Organik adalah sebuah kebun percontohan untuk petani-petani di sekitar kami yang waktu itu terlalu banyak menggunakan pestisida dalam bercocok tanam," ujar Manajer Sari Organik Agung seperti dimuat laman MLDSpot, Jumat(18/5/2018).

Sari Organik, lanjut Agung, kemudian mengedukasi petani tentang tanaman organik dan menjelaskan kalau pasar produk organik akan terus berkembang dan bisa menjadi tren.

Dengan begitu, menurut dia, restorannya tak hanya bisa mengubah pola pikir petani, tetapi mendapatkan  keuntungan karena bisa memperoleh bahan baku hasil dari komoditas mereka. Sementara itu, petani memperoleh untung dari penjualan hasil panennya.

Adapun jenis tanaman yang petani tanam adalah sayur-mayur, buah-buahan, dan padi. Untuk pupuk mereka menggunakan kotoran sapi sebagai pengganti pestisida.

Ramai pengunjung

Kini sedikit demi sedikit cita-cita restoran yang sudah berdiri sejak 2006 mulai tercapai setelah budaya konsumsi bahan organik mulai menjadi tren dan gaya hidup. Imbasnya makin hari pengunjung Sari Organik pun kian bertambah banyak, tak hanya dari wisatawan lokal tetapi mancanegara.

Respons para pengunjung terutama wisatawan mancanegara terhadap restoran ini juga positif. Mereka sangat menikmati desain bangunan, interior, dan pemandangan di sekitar Sari Organik yang benar-benar menyatu dengan alam.

"Saya pikir restoran ini ada di bukit yang sangat cantik karena memiliki pemandangan yang luar biasa indah, yaitu di kelilingi sawah. Bangunannya juga terbuat dari material alami yang cocok dengan lingkungan sekitar. Sangat alami dan bagus,"  ujar Chao Thanh Lan salah satu wisatawan asing yang menikmati makanan di Sari Organik.

Sementara itu, Gregor Sield, teman Chao Thanh yang juga pelancong mancanegara mengatakan, sangat puas bisa berkunjung dan menikmati makanan yang 100 persen organik di restoran tersebut.

(BACA JUGA: Gara-gara UFO, Pria Ini Ikuti Pelatihan Hidup di Mars)

Bahan Makanan di Restoran Sari Organik, Ubud, Bali semuanya berasal dari komoditas pertanian organik yang ditanam sendiri. Dok MLDSpot Content Hunt Seasion 2 Bahan Makanan di Restoran Sari Organik, Ubud, Bali semuanya berasal dari komoditas pertanian organik yang ditanam sendiri.

"Di sini saya bisa makan makanan yang tumbuh di sekitar. Suasananya tenang pula, saya merasa sangat senang," kata Gregor.

Atas berbagai respons positif tersebut tak heran bila Sari Organik menjadi salah satu bahasan inspiring places di laman MLDSpot.

Dari laman yang sama, ada pula informasi mengenai penyelenggaraan MLDSpot Content Hunt Season 2. Ajang ini merupakan sebuah gerakan untuk mengajak anak muda Indonesia berbagi karya dan cerita inspiratif baik yang ada di dalam maupun luar negeri.

Selain Sari Organik, masih banyak tempat lain yang inspiratif di Indonesia. Bahkan bukan hanya tempat saja, sosok, produk, atau komunitas pun bisa menjadi sumber inspiratif.

Anda bisa ikut mengajukan apa atau siapapun yang dirasa punya nlai inspiratif melalui ajang MLDSpot Content Hunt Season 2. Pengajuan paling lambat ditunggu hingga akhir Juni 2018.

Siapa tahu saja hal-hal inspiratif tersebut ada di sekitar Anda atau malah bisa jadi diri Anda sendiri. Maka dari itu, berbagi cerita lewat gelaran tersebut menjadi salah satu jalan untuk menemukan hal inspiratif lainnya.

Bisa jadi cerita yang Anda submit itu menginspirasi dan bermanfaat untuk lebih banyak orang lagi. Seperti cerita Sari Organik yang mengedukasi petani sekitar tentang produk organik sehingga bisa membantu memberikan penghasilan kepada mereka. 

 

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar