Mudik Lewat Pantura, Berani Coba 5 Sate Kambing Muda Favorit di Tegal? - Kompas.com

Mudik Lewat Pantura, Berani Coba 5 Sate Kambing Muda Favorit di Tegal?

Kompas.com - 10/06/2018, 19:24 WIB
Ilustrasi sate kambingSaesherra/Pixabay Ilustrasi sate kambing

KOMPAS.com - Melewati Kota Tegal saat mudik lebaran, belum afdhol jika Anda belum coba kelezatan sate kambing mudanya.

Tegal terkenal dengan olahan kambing muda dengan potongan besar-besar dan empuk. Tidak kalah dari kota-kota lainnya di Jawa Tengah.

Untuk itu Anda wajib mencobanya. Berikut KompasTravel sajikan lima refrensi kuliner sate kambing di Tegal.

1. Sate Mendo Wandy's

Sate yang sudah cukup terkenal di Tegal ini terletak di Jalan Letjen Soeprapto, Kota Tegal.

Jika Anda dari Jakarta, dari jalan Gajah Mada belok kiri di perempatan Letjen Soeprapto, kira kira 200 meter dari perempatan di kiri jalan.

Kedai sate ini menggunakan kambing muda usia sekitar tiga bulanan. Menu spesial yang bisa Anda coba ialah sate kambing hot plate.

2. Sate Kambing Tirus Family

Ini "keluarganya sate" di Tegal. Jika Anda ke sana, tidak hanya satu orang yang berjualan. Tetapi ada beberapa kios milik keluarga.

Sate kambing ini letaknya di sekitaran Tirus, tepat di Jalan Kapten Sudibyo. Meskipun bukan daging kambing usia lima bulan (balibul) ataupun usia tiga bulan (batibul), tapi masih menggunakan daging kambing kategori muda, jadi rasanya tidak kalah dengan yang lain.

3. Sate Kambing Muda Indasari

Warung Sate Kambing Muda Indrasari berlokasi di jalan Sultan Agung, Tegal. Sekitar 500 meter ke utara dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah.

Cita rasa sate di sini terkenal gurih, karena saat pengolahannya dibalur susu sebelum dibakar. Terbayang kan rasanya?

4. Sate Sari Cemplik

Bagi yang ingin mencoba sate kambing yang murah meriah, datanglah ke sini. Sate Kambing Sari Cemplik memiliki konsep tenda kaki lima. Warung ini sangat tersohor.

Meskipun konsepnya tenda kaki lima, cita rasa satenya tidak kalah dengan restoran. Suasana tenda lesehan bahkan jadi nilai tersendiri yang digemari para pelanggannya.

Daging sate di sini juga masih tergolong muda, sehingga tidak perlu tenaga ekstra saat menarik dan mengunyah dagingnya.

5. Sate Kambing Batibul Bang Alwi

Sate Batibul Bang Alwi ini terletak di Jalan Raya Ujungrusi II, Adiwerna, kabupaten Tegal.


Batibul atau baru tiga bulan merupakan usia kambing yang dimanfaatkan dagingnya. Mereka percaya di usia tiga bulan itu kambing menghasilkan daging yang empuk dan lembut.

Sate ini sudah cukup terkenal di mana-mana. Pelanggannya mulai dari Jogja, Semarang, Jakarta, dan lain lain. Bahkan, saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Tegal, ia sempat mampir makan siang di warung ini.

Komentar
Close Ads X