Setiap Mudik, Orang Rela Antre dari Subuh untuk Beli Tiket PO Bus Ini - Kompas.com

Setiap Mudik, Orang Rela Antre dari Subuh untuk Beli Tiket PO Bus Ini

Kompas.com - 11/06/2018, 03:10 WIB
PO RayaHaltebus.com PO Raya

JAKARTA, KOMPAS.com — Setiap Ramadhan tiba, tiket bus dari perusahaan otobus (PO) ini ludes terjual.

Tiketnya selalu diincar oleh para pelanggan setia yang rela antre dari subuh. PO tersebut adalah Raya yang melayani rute Jakarta-Semarang-Solo-Wonogiri.

"Mereka ini menaikkan tiketnya tidak seberapa (besar), tetapi pelanggannya setia sekali. Sekitar jam empat, setengah lima pagi atau malah habis sahur sudah ada pelanggan menunggu untuk pesan tiket di terminal," kata pemerhati transportasi bus, AM Fikri, saat dihubungi KompasTravel, Kamis (7/6/2016).

Baca juga: Tips Memilih Bus yang Nyaman untuk Mudik

PO Raya bahkan punya fans club sendiri di media sosial, bernama Raya Fans Community (Komunitas Penggemar Bus Raya). Jumlah anggotanya lebih dari 30.000 akun.

Mengapa PO Raya sangat digandrungi, khususnya untuk mudik Lebaran?

Fikri menjelaskan, PO Raya sejak tahun 1990-an memanfaatkan kursi bekas pesawat sebagai kursinya. Kursi pesawat yang dimodifikasi ini ternyata yang menjadi magnet bagi para pelanggannya.

"Bus ini tidak ada TV LCD karena begitu bus jalan, penumpang sudah niat tidur di atas bus," kata Fikri.

Selain itu, banyak yang merasa kursi pesawat lebih hangat ketimbang kursi bus biasa, cocok untuk perjalanan jarak jauh dengan AC bus yang rata-rata menjadi dingin di malam hari.

Jarak antarkursi juga cukup lapang, 32 kursi untuk kelas non-AC, 24 kursi untuk kelas eksekutif, dan 18 kursi untuk kelas super eksekutif.

Baca juga: Lebih Susah dapat Tiket Bus atau Kereta Api untuk Mudik?

Dikutip dari Haltebus.com, selain kenyamanan, penumpang PO Raya juga fokus dengan keamanan perjalanan.


Seperti membatasi kecepatan agar penumpang nyaman dan mesin awet, rajin merawat mesin dan interior bus, serta membina hubungan kekeluargaan dengan seluruh karyawan bus.

"Naik PO ini gak cuma nyaman, bus gak menaikkan penumpang sembarangan, berapa pun jumlah penumpang berangkat tepat waktu,” kata penumpang PO Raya, dikutip dari Haltebus.com.

Komentar
Close Ads X