Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan Selera Makan Donald Trump dan Kim Jong Un

Kompas.com - 11/06/2018, 15:22 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Diplomasi di meja makan bukan hal asing di dunia politik. Dari meja makan, hubungan yang tegang dapat dicairkan oleh makanan yang menggiurkan.

Filosofi makanan yang disajikan bahkan bisa menyampaikan maksud politik secara implisit.

Begitu pula pada pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang rencananya diselenggarakan pada Selasa (12/6/2018).

Baca juga: Intip Uniknya Kebiasaan Makan Kim Jong Un

 

Tidak menutup kemungkinan makan bersama bisa menjadi agenda pertemuan dua orang yang lama berseteru lewat media sosial ini.

Namun, diplomasi makan menjadi hal yang menantang bagi Trump dan Kim Jong Un. Sebab, keduanya punya selera makan yang sangat berbeda. Seperti penjelasan berikut.

Makanan

Trump doyan menyantap makanan dari restoran cepat saji jaringan Amerika Serikat. Sebut saja burger Bic Mac, Filet-O-Fish, chocolate shake, ayam goreng KFC, dan pizza.

Satu-satunya makanan favorit Trump yang tidak dari restoran cepat saji adalah steak. Itu pun harus disantap dengan saus tomat.

Rosti ketang Swis bergaya Korea. Makanan pembuka ini adalah sentuhan Korea dengan gaya klasik Swiss. Ini menggambarkan masa muda Kim Jong Un, ketika ia belajar di luar negeri, tepatnya di Swiss.
The Guardian Rosti ketang Swis bergaya Korea. Makanan pembuka ini adalah sentuhan Korea dengan gaya klasik Swiss. Ini menggambarkan masa muda Kim Jong Un, ketika ia belajar di luar negeri, tepatnya di Swiss.

Beda 180 derajat dengan Trump, Kim Jong Un doyan menyantap hidangan mewah. Selera makan Kim Jong Un terbilang berkelas tinggi.

Baca juga: Daftar Makanan Kesukaan Donald Trump, Ada Juga di Indonesia

Ia suka menyantap sushi segar, dan makanan berkualitas super dari tiap negara. Misalnya, daging babi impor Denmark, kaviar impor Iran, melon dari China, ataupun daging sapi kobe dari Jepang. Camilan favorit Kim Jong Un adalah keju emmental dari Swedia.

Minuman

Minuman favorit Trump adalah Diet Coke. Setiap hari, Trump dapat meminum 12 kaleng Diet Coke.

Cukup mengejutkan karena ternyata Trump tidak suka minum minuman beralkohol. Padahal, keluarganya memiliki merek vodka dan produksi wine sendiri di Virginia, Amerika Serikat.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendapat kejutan kue ulang tahun lebih awal di kediaman resmi PM Singapura, Istana, pada Senin (11/6/2018). (Twitter/Vivian Balakrishnan) Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendapat kejutan kue ulang tahun lebih awal di kediaman resmi PM Singapura, Istana, pada Senin (11/6/2018). (Twitter/Vivian Balakrishnan)

Lagi-lagi soal selera minuman, Kim Jong Un berbeda dengan Trump. Selera minum Kim Jong Un tidak kalah tinggi dengan selera makannya.

Ia suka meminum kopi dari biji kopi Brasil kualitas terbaik, anggur merah, dan cognac dari Perancis, dan champagne merek terbaik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com