Tips Nyaman Naik Pesawat Saat Mudik - Kompas.com

Tips Nyaman Naik Pesawat Saat Mudik

Kompas.com - 12/06/2018, 05:41 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) bersama Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kedua kanan) dan Eksekutif General Manager Halim Perdanakusama Marsekal Pertama Pip Darmanto (kedua kiri) mendengarkan penjelasan petugas saat melakukan pengecekan kelaikan pesawat (rampchek) di sela-sela peninjauan kesiapan mudik jalur udara di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (11/6). PT. Angkasa Pura II selaku pengelola memprediksi arus mudik jalur udara melalui Bandara Halim Perdanakusuma akan terjadi pada H-3 atau Selasa (12/6). Hingga Senin (11/6) Bandara Halim Perdanakusuma telah memberangkatkan sebanyak 82.510 penumpang atau meningkat 16,43 persen dibanding tahun lalu. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/kye/18GALIH PRADIPTA Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) bersama Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kedua kanan) dan Eksekutif General Manager Halim Perdanakusama Marsekal Pertama Pip Darmanto (kedua kiri) mendengarkan penjelasan petugas saat melakukan pengecekan kelaikan pesawat (rampchek) di sela-sela peninjauan kesiapan mudik jalur udara di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (11/6). PT. Angkasa Pura II selaku pengelola memprediksi arus mudik jalur udara melalui Bandara Halim Perdanakusuma akan terjadi pada H-3 atau Selasa (12/6). Hingga Senin (11/6) Bandara Halim Perdanakusuma telah memberangkatkan sebanyak 82.510 penumpang atau meningkat 16,43 persen dibanding tahun lalu. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/kye/18

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak pula para pemudik yang memilih menggunakan transportasi udara untuk kembali ke kampung halaman.

Dengan demikian, maskapai AirAsia memberikan tips agar mudik lebih aman dan nyaman seperti berikut ini.

1. Para penumpang dapat memesan kursi terlebih dahulu, pesan makanan atau tambahan asuransi saat pembelian tiket.

2. Pastikan nomor telepon dan email yang terdaftar sudah benar agar informasi mengenai status penerbangan dapat diterima.

Baca juga: Aturan Maksimal Bagasi untuk Mudik Naik Pesawat, Kereta Api, dan Bus

3. Sebaiknya melakukan check-in online dan cetak boarding pass pada aplikasi atau website sebelum menuju bandara.

4. Selain itu juga setidaknya para penumpang datang ke bandara lebih awal, sekitar tiga jam sebelum keberangkatan.

Konter check-in akan ditutup satu jam sebelum keberangkatan untuk penerbangan internasional, dan 30 menit untuk penerbangan domestik.

5. Pastikan bagasi Anda telah terkunci dan mudah dikenali.

6. Pastikan pula Anda mempunyai alokasi bagasi yang cukup, bila kurang Anda pun bisa menambah kuota bagasi.

Sebaiknya pula tidak terlalu banyak membawa barang ke dalam pesawat agar lebih mudah masuk dan keluar pesawat. Barang yang dibawa ke dalam pesawat maksimal seberat tujuh kilogram.

7. Jangan lupakan dokumen perjalanan untuk verifikasi di bandara.

8. Selain itu juga bawa kebutuhan pribadi dan simpan di tempat yang mudah ditemukan dalam tas Anda.

9. Selalu cek kepastian jadwal keberangkatan. Apabila ada keterlambatan maka bisa tanyakan langsung pada petugas dan tetap sabar menunggu.

10. Bila ada penumpang yang berkebutuhan khusus seperti kursi roda, maka sebaiknya melakukan pemesanan terlebih dahulu dengan memesan di konter check-in. (*)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X