Pertama Kali Naik Pesawat, Ini Tips Atasi Mabuk Perjalanan - Kompas.com

Pertama Kali Naik Pesawat, Ini Tips Atasi Mabuk Perjalanan

Kompas.com - 12/06/2018, 09:24 WIB
Kantung muntah di pesawatThinkstock Kantung muntah di pesawat

KOMPAS.com - Jika Anda tipikal yang mudah mabuk di perjalanan dan ini kali pertamanya Anda naik pesawat, ikuti tips berikut ini.

1. Obat Anti-mabuk
Kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan obat terbaik yang akan mencegah Anda mabuk saat perjalanan. Atau, cukup beli obat anti mabuk yang ada di apotek dan sudah biasa Anda konsumsi.

2. Tekanan pada Kabin
Saat pesawat lepas landas dan mendarat, terjadi perubahan tekanan udara di kabin. Telinga Anda akan mengalami tekanan yang rasanya seperti tersumbat dan berdengung. Untuk orang sensitif, tekanan ini bisa membuat telinga sakit. Equalise tekanan telinga Anda dengan gerakan mengunyah dan menelan.

Cara termudah adalah dengan mengulum permen atau mengunyah permen karet. Permen yang manis juga bisa menghilangkan rasa mual.

3. Kantung Muntah
Di bagian belakang dari kursi depan Anda, tepat di antara majalah dan kartu petunjuk keselamatan, biasanya tersedia kantung muntah. Saat duduk, pastikan kantung itu ada dan ambilah dua kantung.

Saat digunakan, bungkus kantung dengan kantung yang lainnya agar terbungkus rapat. Jangan tinggalkan kantung muntah yang sudah dipakai  di kursi Anda.

Hal ini kerap terjadi, penumpang meninggalkan kantung muntah yang sudah terpakai dengan mengembalikannya ke kursi. Jangan lakukan hal ini. Berikan ke awak kabin untuk dibuang di tempat yang semestinya.

4. Turbulensi
Saat pesawat mengalami turbulensi, siap-siaplah dengan kantung muntah. Sebab turbulensi dapat membuat mual dan Anda akan mengalami mabuk perjalanan. Makan permen jahe sebelumnya dipercaya dapat mengurangi mual.


Close Ads X