Naik Kereta "Sleeper" Rp 900.000 ke Surabaya, Pantaskah Harganya? - Kompas.com

Naik Kereta "Sleeper" Rp 900.000 ke Surabaya, Pantaskah Harganya?

Kompas.com - 12/06/2018, 13:22 WIB
Pemudik beraktivitas dengan fasilitas yang terdapat di dalam gerbong kereta mewah jenis sleeper di Jakarta, Selasa (12/6/2018). PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan gerbong kereta jenis sleeper kapasitas 18 kursi di rangkaian KA Argo Anggrek Jakarta-Surabaya dengan fasilitas kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik dan televisi.  ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Pemudik beraktivitas dengan fasilitas yang terdapat di dalam gerbong kereta mewah jenis sleeper di Jakarta, Selasa (12/6/2018). PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan gerbong kereta jenis sleeper kapasitas 18 kursi di rangkaian KA Argo Anggrek Jakarta-Surabaya dengan fasilitas kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik dan televisi.

JAKARTA, KOMPAS.comPT KAI baru saja meluncurkan sleeper train yang digololongkan dalam subkelas luxury class (kelas mewah). Subkelas ini merupakan yang tertinggi untuk semua kereta KAI.

Mulai Selasa (11/6/208), tiket sleeper train yang dijual adalah tiket promo seharga Rp 900.000.

"Tadinya saya mau naik pesawat, tetapi tahu ada kereta ini jadi mau coba," kata Malinda, penumpang pertama sleeper train dari Jakarta ke Surbaya.

Banyak orang yang memang membandingkan sleeper train dengan pesawat. Sebab, dengan harga Rp 900.000, penumpang dapat membeli tiket pesawat. Bahkan, tiket pulang pergi untuk penerbengan berbiaya rendah.

Baca juga: Seperti Apa "Sleeper Train" dari KAI?

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, harga tersebut tidak terlalu mahal.

Tombol otomatis pengatur kursi di sleeper train.KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Tombol otomatis pengatur kursi di sleeper train.
"Tidak mahal, buktinya peminatnya banyak. Itu penuh semua (kursinya). Begitu juga kelas prioritas, dari Jakarta-Bandung setiap berangkat penuh," kata Edi saat di acara pelepasan sleeper train dari Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Baca juga: Luxury Sleeper Train Mulai Beroperasi, Ini Harga Promonya

KompasTravel bertanya mengenai hal ini kepada rekan yang telah melihat langsung gerbong sleeper train di KA Argo Bromo Anggrek.

"Pengin coba, tetapi sepertinya kalau sekarang saya mengutamakan kecepatan (waktu tempuh) dan hemat uang. Kecuali kalau memang ada rezeki lebih," kata Shanty.

Edi mengatakan, sleeper train dikhususkan bagi penumpang yang ingin beristirahat maksimal selama perjalanan. "Jadi ketika bangun bisa fresh dan langsung beraktivitas," kata Edi.

Fasilitas yang disediakan sleeper train memang menarik. Mulai dari kursi empuk dengan tombol otomatis yang bisa direbahkan 170 derajat, makan dua kali dalam perjalanan, minum, dan camilan.

Petugas KAI mencoba fasilitas yang terdapat di dalam gerbong kereta mewah jenis sleeper di Jakarta, Selasa (12/6/2018). PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan gerbong kereta jenis sleeper kapasitas 18 kursi di rangkaian KA Argo Anggrek Jakarta-Surabaya dengan fasilitas kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik dan televisi.  ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Petugas KAI mencoba fasilitas yang terdapat di dalam gerbong kereta mewah jenis sleeper di Jakarta, Selasa (12/6/2018). PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan gerbong kereta jenis sleeper kapasitas 18 kursi di rangkaian KA Argo Anggrek Jakarta-Surabaya dengan fasilitas kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik dan televisi.
Tersedia juga hiburan seperti televisi 12 inci layar sentuh dan earphone. Juga colokan listrik universal dan USB charger.

Pihak KAI menyebutkan harga promo Rp 900.000 akan diberikan sampai satu bulan ke depan, terhitung mulai Senin (11/6/2018).

"Harga normalnya akan diumumkan. Harganya akan lehih tinggi dari kelas prioritas. Pertama memang test market dulu, nanti dikalkulasi," kata Edi.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar
Close Ads X