Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke TN Komodo Meningkat - Kompas.com

Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke TN Komodo Meningkat

Kompas.com - 12/06/2018, 15:17 WIB
Wisatawan berfoto dengan komodo dan ranger Sulaiman di TN Komodo, Pulau Rinca, NTT.Julianus Ebol Wisatawan berfoto dengan komodo dan ranger Sulaiman di TN Komodo, Pulau Rinca, NTT.

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Memasuki liburan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional (TN) Komodo, di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengalami peningkatan.

Kepala Balai Taman Nasional (TN) Komodo Budi Kurniawan mengatakan, kunjungan wisatawan meningkat sekitar 15 persen dari biasanya.

Baca juga: Menjajal Yacht Mewah di Taman Nasional Komodo

"Kalau di kawasan ( Taman Nasional Komodo) cenderung meningkat, terutama wisatawan lokal atau nusantara yang mengisi hari libur lebaran," kata Budi kepada Kompas.com, Selasa (12/6/2018).

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, menurut Budi, diperkiraan mulai membeludak pada awal Juli sampai dengan Agustus mendatang.

Wisatawan di ruang berkumpul kapal yacht milik Plataran Komodo Resort & Spa.  KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Wisatawan di ruang berkumpul kapal yacht milik Plataran Komodo Resort & Spa.
Budi menjelaskan, pihaknya mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah paling Barat Pulau Flores itu selama Januari-April 2018 mencapai sebanyak 45.630 orang.

Baca juga: Berapa Kisaran Harga Liburan ke TN Komodo?

Jumlah kunjungan tersebut didominasi wisatawan mancanegara mencapai sebanyak 27.550 orang dan domestik 17.640 orang.

Jumlah wisatawan ini tercatat meningkat dibandingkan kuartal pertama pada tahun 2017 sebanyak 38.147 orang.

Baca juga: Ke Taman Nasional Komodo, Pilih Menginap di Hotel atau Kapal?

Budi mengatakan, kunjungan wisatawan yang meningkat itu dapat membuat para agen operator tour menolak permintaan karena kesiapan sarana seperti kapal yang terbatas.

"Bisa saja seperti itu karena kapal-kapal semua sudah disewa pada musim ramai kunjungan seperti ini," ucapnya.

Taman Nasional Komodo di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Taman Nasional Komodo di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Untuk membantu kenyamanan para wisatawan, seperti biasa, ada pembagian shift dan peningkatkan pengawasan oleh petugas Taman Nasional Komodo.

"Kami juga selalu bagikan leaflet dan pamflet  kepada tour operator, agen dan pelaku wisata, guna menjaga kenyamanan dan keamanan saat memasuki Taman Nasional Komodo," tambah Budi.


Komentar
Close Ads X