Mudik ke Cirebon, Jangan Lupa Cicipi Hidangan Khasnya

Kompas.com - 14/06/2018, 07:15 WIB
Ragam hidangan khas Cirebon, ada nasi lengko, empal gentong, dan tahu gejrot. KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIARagam hidangan khas Cirebon, ada nasi lengko, empal gentong, dan tahu gejrot.

KOMPAS.com - Jika Anda mudik ke Cirebon, jangan lupa untuk mencoba berbagai macam hidangan khasnya. Antara lain empal gentong, nasi jamblang, dan nasi lengko.

Berikut KompasTravel himpun beberapa tempat untuk mencicipi aneka hidangan tersebut.

1. Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Tribun Jogja/Hamim Thohari Empal Gentong

Tempat makan yang sudah berdiri sejak 1994 ini dikenal sebagai lokasi legendaris yang menyediakan empal gentong dan empal asam.

Kedai ini memiliki tiga cabang di Kota Cirebon yakni Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi, Jalan Juanda, dan kawasan Batik Trusmi.

Kedai yang awalnya menjual dagangannya menggunakan gentong yang dipikul ini memasak empal gentong beserta rempah langsung di dalam gentong. Kemudian, dimasak menggunakan kayu akar.

2. Nasi Jamblang

Nasi JamblangKOMPAS/PINGKAN ELITA DUNDU Nasi Jamblang

Tempat lain yang wajib dicoba saat berkunjung ke Cirebon adalah Nasi Jamblang Mang Dul. Kedainya yang tak pernah sepi oleh pengunjung ini berada di ruko seberang Grage Mall, tepatnya di Jalan Kartini.

Aneka lauk dihidangkan langsung secara prasmanan. Mulai dari tahu kuah, daging sapi, perkedel, ikan asin, pepes, dan yang paling terkenal adalah sambel ala jamblang.

Harganya yang murah juga menjadi nilai tambah kedai ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X