Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik ke Cirebon, Jangan Lupa Cicipi Hidangan Khasnya

Kompas.com - 14/06/2018, 07:15 WIB
Gaby Bunga Saputra,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika Anda mudik ke Cirebon, jangan lupa untuk mencoba berbagai macam hidangan khasnya. Antara lain empal gentong, nasi jamblang, dan nasi lengko.

Berikut KompasTravel himpun beberapa tempat untuk mencicipi aneka hidangan tersebut.

1. Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Tribun Jogja/Hamim Thohari Empal Gentong

Tempat makan yang sudah berdiri sejak 1994 ini dikenal sebagai lokasi legendaris yang menyediakan empal gentong dan empal asam.

Kedai ini memiliki tiga cabang di Kota Cirebon yakni Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi, Jalan Juanda, dan kawasan Batik Trusmi.

Kedai yang awalnya menjual dagangannya menggunakan gentong yang dipikul ini memasak empal gentong beserta rempah langsung di dalam gentong. Kemudian, dimasak menggunakan kayu akar.

2. Nasi Jamblang

Nasi JamblangKOMPAS/PINGKAN ELITA DUNDU Nasi Jamblang

Tempat lain yang wajib dicoba saat berkunjung ke Cirebon adalah Nasi Jamblang Mang Dul. Kedainya yang tak pernah sepi oleh pengunjung ini berada di ruko seberang Grage Mall, tepatnya di Jalan Kartini.

Aneka lauk dihidangkan langsung secara prasmanan. Mulai dari tahu kuah, daging sapi, perkedel, ikan asin, pepes, dan yang paling terkenal adalah sambel ala jamblang.

Harganya yang murah juga menjadi nilai tambah kedai ini.

3. Nasi Lengko

Nasi Lengko, Kuliner Bernilai Gizi Tinggi yang Lezat.Indonesiakaya/Riky Nasi Lengko, Kuliner Bernilai Gizi Tinggi yang Lezat.

Lengko yang berarti “langka” digambarkan sebagai makanan untuk rakyat biasa karena lauknya yang tidak banyak.

Menu sederhana ini berisikan nasi putih dengan potongan tempe dan tahu goreng. Ditambah tauge rebus dan cacahan mentimun.

Salah satu kedai terkenal yang menyediakan nasi lengko adalah Nasi Lengko Pagongan H. Barno. Warung makan yang sudah ada sejak tahun 1968 dengan tempatnya yang sederhana ini tak pernah sepi pembeli.

Warung makan yang berada di Jalan Dr Cipto Mangunkusumo ini menjual nasi lengko dengan harga Rp 13.000 saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com