Mudik Lewat Semarang, Jangan Lupa Berburu 7 Hidangan Ini

Kompas.com - 14/06/2018, 09:19 WIB
Lumpia Semarang Gang Lombok yang berusia lebih dari satu abad tetap menjaga keasliannya. Dari kemasannya pun masih bergaya lampau dengan anyaman banmu dan logo zaman dulunya. KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaLumpia Semarang Gang Lombok yang berusia lebih dari satu abad tetap menjaga keasliannya. Dari kemasannya pun masih bergaya lampau dengan anyaman banmu dan logo zaman dulunya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mudik dapat menjadi hal yang menyenangkan jika diselipi berbagai kegiatan seru. Salah satunya adalah berburu kuliner.

Semarang di Jawa Tengah jadi kota yang sayang untuk dilewatkan untuk aktivitas ini.

Kota ini punya hasil akulturasi makanan yang sempurna antara Jawa, China, dan Arab. Jadilah kuliner khas Semarang yang menggirukan.

Berikut tujuh rekomendasi kuliner di Semarang seperti dihimpun KompasTravel.

1. Lumpia

Loenpia Semarang Gang Lombok Nomor 11 merupakan merek lumpia tertua di Semarang. Merek tersebut sebenarnya lokasi di mana kedai ratusan tahun itu berada. Yakni Gang Lombok nomor 11, dekat Klenteng Tay Kak Sie yang tersohor oleh kisah Cheng Ho-nya.

Kini lumpia Gang Lombok Nomor 11 dikelola oleh generasi keempat.

Lokasi lain dengan penjual lumpia di Semarang adalah Jalan Pemuda, Jalan Mataram (MT Haryono), dan Jalan Pandanaran. Masing-masing mempunyai ciri khas lumpia tersendiri.

Sepiring tahu pong komplet di Kedai Tahu Pong Gajah Mada, Semarang, Jawa Tengah.TRIBUN JATENG/MAULANA RAMADHAN Sepiring tahu pong komplet di Kedai Tahu Pong Gajah Mada, Semarang, Jawa Tengah.

2. Tahu Pong

Tahu pong tidak dimakan sendiri melainkan dengan gimbal udang atau semacam bakwan dengan tepung tebal dan telur rebus yang digoreng.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X