Tur Kereta Wisata Juga Ada di Blora, Ini Jadwal dan Tarifnya

Kompas.com - 14/06/2018, 14:12 WIB
Kereta Wisata yang ada di Blora Situs web Pemkab Blora (blorakab.go.id)Kereta Wisata yang ada di Blora

KOMPAS.com - Wisata Heritage Loko Tour yang ada di kawasan KPH Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Timur, bisa jadi alternatif wisata edukasi bagi masyarakat selain Museum Kereta Api Ambarawa.

Kereta wisata yang ditarik lokomotif tua ini baru saja diluncurkan pada Januari 2018 dengan nama Loko Tour Kereta Ruston.

Lokomotif wisata ini merupakan paket perjalanan melintasi hutan jati KPH Cepu.

Kereta wisata Blora berangkat dari start point Heritage Loco Tour di Kampung Cepu, Desa Ngelo, Cepu menuju ke TPK Batokan.

Uniknya, kereta diesel wisata ini masih menggunakan gerbong peninggalan masa lalu.

Jalur kereta api di perkebunan ini dibangun sekitar tahun 1915 dan beroperasi penuh hingga akhir 1990-an, dengan lebih dari 300 kilometer (190 mil) jalur di Hutan Perhutani.

Bersama Pabrik Gula Olean di Situbondo, Pabrik Gula Tasik Madu, serta kereta api di Ambarawa, jalur kereta api Cepu merupakan salah satu dari empat warisan kereta uap yang tersisa di Jawa.

Lokomotif ini awalnya digunakan untuk mengangkut hasil kayu di perkebunan hutan jati.

Sejak 1998, banyak jalur yang dicabut. Akan tetapi, sesekali kereta api ini masih terus beroperasi hingga 2002.

Kereta wisata ini ditarik dengan lokomotif tua buatan Berliner Maschinnenbaun Jerman tahun 1928.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X