Libur Lebaran di Jakarta Aquarium, Temukan Keunikan Kecoa Madagaskar

Kompas.com - 15/06/2018, 12:04 WIB
Kecoa madagaskar di Jakarta Aquarium. ARSIP JAKARTA AQUARIUM Kecoa madagaskar di Jakarta Aquarium.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai akuarium dalam mal yang pertama di Indonesia, Jakarta Aquarium senantiasa memberikan berbagai pilihan demi mengedukasi dan menghibur keluarga.

Mulai Juni 2018, pengunjung Jakarta Aquarium yang berada di mal Neo Soho, Jakarta Barat semakin dimanjakan dengan kehadiran dunia serangga yang berada di zona 5 yaitu Zona Nurseries of The Sea.

Baca juga: Lima Aktivitas Seru di Jakarta Aquarium!

Hal ini sekaligus untuk menambah pilihan satwa dalam rangka menyambut libur lebaran tahun ini.

Stick insect, serangga dari Jawa Barat di Jakarta Aquarium.ARSIP JAKARTA AQUARIUM Stick insect, serangga dari Jawa Barat di Jakarta Aquarium.
Di zona tersebut, pengunjung bisa berinteraksi langsung seperti memegang, bermain serta berfoto dengan stick insect dan leaf insect dari Jawa Barat yang tubuhnya menyerupai daun, juga madagascar cockroach atau kecoa madagaskar.

Baca juga: Mengintip Dapur Jakarta Aquarium

Kecoa ini bukan seperti kebanyakan kecoa yang ada di rumah kita ataupun memiliki bau yang kurang sedap, melainkan kecoa hutan.

Kecoa madagaskar memiliki beberapa keunikan yaitu mengandung protein lebih banyak 3 kali lipat dari ayam atau daging sapi.  

Leaf insect, serangga dari Jawa Barat yang tubuhnya menyerupai daun di Jakarta Aquarium.ARSIP JAKARTA AQUARIUM Leaf insect, serangga dari Jawa Barat yang tubuhnya menyerupai daun di Jakarta Aquarium.
Keunikan lainnya adalah saat dipegang, tubuh kecoa madagaskar ini akan mengeluarkan bunyi berdesis, "Ssssshhhh".

"Kehadiran dunia serangga ini memberikan edukasi dan meningkatkan awereness masyarakat akan jumlah hewan asli Indonesia dan memberi kesempatan masyarakat mengenal hewan itu," kata Direktur Jakarta Aquarium Indonesia, Hans Manansang dalam siaran pers Kamis (14/6/2018).

Pengunjung Jakarta Aquarium.ARSIP JAKARTA AQUARIUM Pengunjung Jakarta Aquarium.
Menurut Hans, dengan melihat langsung dan berinteraksi, Jakarta Aquarium mengharapkan masyarakat lebih peduli akan bahaya berkurangnya habitat serta perlunya melestarikan hewan.

Ia menambahkan, kedatangan para penghuni dunia serangga ini sekaligus menambah koleksi satwa darat yang dikonservasi di Jakarta Aquarium. (*)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X