Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade Kuda Sandalwood di Sumba Hanya Digelar di 3 Kabupaten

Kompas.com - 17/06/2018, 09:10 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Parade 1.001 Kuda Sandalwood dan Festival Tenun Ikat akan digelar di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) 5-12 Juli 2018.

Kegiatan tersebut yang semula dijadwalkan berlangsung di empat kabupaten, namun akhirnya hanya terkonfirmasi digelar di tiga kabupaten saja.

Tiga kabupaten yang siap menggelar parade dan festival tersebut yakni Sumba Barat Daya, Sumba Barat, dan Sumba Timur.

"Untuk Kabupaten Sumba Tengah, pemerintah setempat belum menyiapkan anggaran tahun ini," ucap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu kepada Kompas.com, Sabtu (16/6/2018).

Baca juga: Juli 2018, Parade 1001 Kuda dan Festival Tenun Ikat Sumba Siap Digelar

Marius mengatakan, Parade Kuda Sandalwood akan dilakukan di kawasan hutan sabana dan destinasi di sekitarnya, sementara itu Festival Tenun Ikat digelar di wilayah perkotaan.

Anak-anak usia sekolah dasar di Sumba, Nusa Tenggara Timur berlatih pacuan kuda di padang sabana.KOMPAS TV/ANJAS PRAWIOKO Anak-anak usia sekolah dasar di Sumba, Nusa Tenggara Timur berlatih pacuan kuda di padang sabana.
"Khusus Parade Kuda Sandalwood dilakukan di padang-padang sabana karena dari aspek aspek koreografi lebih menarik dan lebih menjual bagi wisatawan domestik maupun mancanegara," imbuhnya.

Baca juga: Untuk Turis Milenial, Ini 5 Destinasi Eksotis di Sumba

Parade kuda dimulai di Kabupaten Sumba Barat Daya pada 5-6 Juli, kemudian di Sumba Barat pada 7-8 Juli.

Selanjutnya di Kabupaten Sumba Tengah pada tanggal 9-10 Juli dan berakhir di Kabupaten Sumba Timur pada tanggal 11-12 Juli.

"Untuk Festival Tenun Ikat akan berlangsung di Kabupaten Sumba Timur, yang akan menampilkan 2.018 orang penenun," kata Marius.

Baca juga: Melalui Film, Nama Pulau Sumba Makin Populer

Parade Kuda Sandalwood dan Festival Tenun Ikat, lanjut Marius, merupakan bagian dari agenda nasional yang secara khusus mempromosikan pariwisata Pulau Sumba dengan berbagai potensi lainnya.

Presiden Joko Widodo menghadiri Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 di Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/7/2017).  RAIYANI MUHARAMAH Presiden Joko Widodo menghadiri Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 di Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/7/2017).
Menurut Marius, selain untuk tujuan promosi pariwisata, kegiatan ini juga untuk menonjolkan potensi Pulau Sumba sebagai lumbung ternak NTT dan kaya akan berbagai produk budaya.

Marius mengaku optimistis kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini seiring waktu semakin banyak menarik wisatawan ke Pulau Sumba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com