Cijoho Jadi Pusat Oleh-oleh Kuningan Sejak 1986

Kompas.com - 19/06/2018, 21:40 WIB
Wisatawan memilih oleh-oleh khas Kuningan di Jalan Cijoho, Kuningan, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAWisatawan memilih oleh-oleh khas Kuningan di Jalan Cijoho, Kuningan, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018).

KUNINGAN, KOMPAS.com - Ingin membeli oleh-oleh khas Kuningan? Cijoho adalah tempat yang tepat. Tempat ini sudah puluhan tahun menjadi sentra oleh-oleh khas Kuningan, Jawa Barat.

Cijoho merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Kuningan. Jalan Raya Cijoho kerap disesaki wisatawan di momen libur Lebaran ini.

Mobil-mobil dan motor berjejer di depan belasan kios oleh-oleh saat KompasTravel berkunjung ke sana, Minggu (17/6/2018). Kendaraan plat B (Jakarta), D (Bandung), dan Z (Tasikmalaya) mendominasi barisan parkir itu.

Belasan toko yang ada mayoritas menawarkan aneka buah tangan yang sama. Mulai dari tape ketan, opak bakar, rengginang, kripik gemblong, krupuk udang, sirup jeruk nipis, dan oleh-oleh lainnya khas Kuningan dan Cirebon.

Wisatawan memilih oleh-oleh khas Kuningan di Jalan Cijoho, Kuningan, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan memilih oleh-oleh khas Kuningan di Jalan Cijoho, Kuningan, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018).

Ada juga kudapan khas lain seperti dodol, ikan asin, terasi, bolu-bolu buatan masyarakat sekitar.

Harga yang ditawarkan mulai Rp 15.000 untuk aneka kripik, hingga Rp 160.000 untuk tape ketan dalam ember besar.

Kurniasih (54) salah satu wisatawan mengatakan tiap ia mudik memilih untuk beli oleh-oleh di sini.

"Karena banyak pilihan, dan dari saya kecil ini udah rame jualan, dari 1986," terang wisatawan asal Bogor itu kepada KompasTravel.

Maya (37), salah satu pemilik toko, membenarkan jika deretan toko di sini sudah buka sejak puluhan tahun lalu. Ia sendiri merupakan generasi ketiga.

"Sudah dari dulu memang, awalnya satu keluarga punya beberapa toko, terus sampai belasan sekarang," ucapnya.

Sentra oleh-oleh khas Kuningan di Jalan Cijoho, Kuningan, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018) kian dipadati wisatawan yang ingin membeli buah tangan khas Kuningan.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Sentra oleh-oleh khas Kuningan di Jalan Cijoho, Kuningan, Jawa Barat, Minggu (17/6/2018) kian dipadati wisatawan yang ingin membeli buah tangan khas Kuningan.

Ia mengatakan di musim Lebaran, Jalan Raya Cijoho mulai ramai wisatawan sejak Lebaran ke dua. Selama satu minggu ke depan wisatawan memadati kios-kios oleh-oleh di jalan tersebut.

Rani (23) salah satu penjaga salah satu kios lainnya mengatakan beberapa barang memang di produksi oleh masyarakat Cijoho dan sekitarnya. Khususnya tape.

Bagi Anda yang ingin berburu oleh-oleh Kuningan seperti tape ketan, kripik gemblong, opak, sirup tjampolay dan lainnya bisa berkunjung mulai pukul 09.00-21.00 setiap harinya.

"Musim lebaran buka setiap hari, sampai selesai musim mudik," terang Rani.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X