Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun Jakarta, Inilah Wisata Pantai Zaman Dulu di Jakarta

Kompas.com - 22/06/2018, 07:00 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah tempat wisata terkini di Jakarta, tak disangka ternyata dahulu daerah ini merupakan wisata pantai masyarakat Jakarta.

Cilincing, bibir pantai di utara Jakarta kerap dijadikan daerah wisata masyarakat Jakarta sebelum hingga sesudah era kemerdekaan Indonesia.

Berbeda dengan bibir pantai sebelah baratnya yang masih di Jakarta Utara, yaitu Tanjung Priuk sejak dahulu lebih dipilih menjadi kawasan perekonomian.

Pasir pantai yang luas dengan pemandangan yang asri membuat pantai di Cilincing dahulu jadi primadona wisata pantai masyarakat Jakarta.

Candha Adwitiyo, pemandu tur Jakarta Good Guide mengatakan dahulu sebelum menjadi pemukiman nelayan, dan belum ada Ancol sebagai pantai modern, Cilincing jadi wisata pantai masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

"Bisa dilihat di film Tiga Dara tahun 50-an karya Usmar Ismail, salah satu setting tempat wisatanya di Pantai Cilincing," terangnya kepada KompasTravel saat dihubungi, Kamis (21/6/2018).

Popularitas wisata di Pantai Cilincing diperkirakan sejak sebelum Indonesia merdeka, hingga mendekati tahun 1960-an, saat Jakarta mulai modern dengan wisata-wisata barunya, termasuk Ancol.

Sejarawan JJ Rizal mengatakan bahwa dahulu Cilingcing sebagai alternatif wisata pantai masyarakat Jakarta.

"Ya dulu Cilincing pusatnya wisata pantai buat orang Jakarta," tuturnya, saat dihubungi KompasTravel di hari yang sama.

Candha mengatakan, Pantai Ancol dahulunya merupakan lahan bakau yang dibuka dan diberi pasir tambahan. Pantai Cilincing justru memiliki pasir pantai alami yang menjadi daya tarik tersendiri.

Lambat laun, nuansa modern dan artistik di Pantai Ancol merebut hati wisatawan Jakarta untuk memilihnya. Pantai Cilincing pun kian ditinggalkan dan menjadi pemukiman nelayan dari berbagai kota di Pulau Jawa.

Dalam sejarah kota Batavia, kawasan Cilincing memegang peranan cukup penting. Di daerah itulah pada 4 Agustus 1811, hampir 12.000 pasukan Inggris mendarat di Batavia kala itu.

Pasukan Inggris mendarat tanpa perlawanan dari pihak Belanda. Pada masa itu Belanda berada di bawah kekuasaan Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com