Kompas.com - 23/06/2018, 13:00 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sukabumi punya ikon wisata baru yang sudah diakui dunia yaitu Geopark Ciletuh. Keindahan area seluas 126.100 hektar menyimpan keindahan alam seperti air terjun, perbukitan, pantai, ladang dan obyek indah lainnya.

Geopark Ciletuh berada di delapan kecamatan mulai dari Cisolok (Pantai Cimaja), sampai dengan Ujunggenteng (Ciemas), Sukabumi. Salah satu pintu masuk paling favorit ialah dari Ciemas.

Anda bisa menempuhnya dari Jakarta dan Bogor dengan menggunakan kendaraan umum, mulai Kereta, Bus, Elf, hingga ojek. Waktu tempuh dari Jakarta dan Bogor sekitar empat hingga enam jam, tergantung kendaraan dan kondisi jalan.

KompasTravel sempat menelusurinya dengan berkunjung ke Geopark Ciletuh, Jumat (22/6/2018). Berikut tips dan beberapa cara yang bisa Anda gunakan menuju Geopark Ciletuh.

Terminal Baranangsiang BogorTribunnews Terminal Baranangsiang Bogor

1. Dari Bogor

Ada beberapa opsi pemberangkatan ke Ciletuh dari Bogor dengan waktu yang lebih fleksibel.

Anda bisa menggunakan angkutan bus dari Terminal Baranangsiang, Bogor. Ada beberapa bus VIP AC yang bisa Anda gunakan, seperti bus MGI tujuan Terminal Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Bus patas AC tersebut menjual tiketnya mulai Rp 45.000-Rp 50.000.

Setelah sampai di Terminal Pelabuhan Ratu, Anda teruskan naik elf tujuan Ciletuh, harganya sekitar Rp 35.000. Namun, bus ini hanya ada tiga-empat kali sehari dengan batas berangkat paling akhir pukul 14.00 WIB.

Memasuki Ciletuh, Anda harus turun di daerah Ciwaru, untuk berganti armada ojek tujuan geopark, dengan biaya Rp 20.000 - Rp 25.000.

Selain naik bus, Anda juga bisa menggunakan moda kereta Pangrango, dari Stasiun Paledang, Bogor, dengan tujuan Sukabumi. Kereta ini baru ada tiga kali sehari pada pukul 07.50, 13.10 dan 18.30, dengan tiket mulai Rp 20.000  -Rp50.000.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.