Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Foto Liburan "Hits" ala Instagramer @her_journeys

Kompas.com - 23/06/2018, 22:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan tanpa mengunggah foto di media sosial bagi sebagian orang kurang lengkap. Apalagi di era gencarnya media sosial seperti Instagram yang banyak diminati oleh generasi muda.

Nah, tentunya setiap orang yang berlibur ingin mendapatkan foto yang terbaik. Travel blogger dan juga pemilik akun Instagram dengan pengikut  sebanyak 114.000 akun, @her_journeys berbagi tips terbaik untuk mengambil foto liburan terbaik di Instagram.

Anggey sendiri telah berkelana keliling dunia dari Benua Asia, Eropa, dan tentunya di Indonesia. Ia pun kerap membagikan foto-foto liburannya di Instagram.

Berikut tips fotografi terbaik di Instagram seperti dihimpun dari siaran pers New Zealand Tourism yang diterima KompasTravel.

1. Bangun Lebih Pagi

Roy?s Peak merupakan trek yang populer dan salah satu tempat hiking terbaik di New Zealand bagi wisatawan yang berjiwa petualang. Dari lintasan puncak pegunungan pemandangan sebagian besar Danau Wanaka dan puncak pegunungan sekitarnya, termasuk Mount Aspiring bisa terlihat.Dok. New Zealand Tourism / Anggey Anggraeni Roy?s Peak merupakan trek yang populer dan salah satu tempat hiking terbaik di New Zealand bagi wisatawan yang berjiwa petualang. Dari lintasan puncak pegunungan pemandangan sebagian besar Danau Wanaka dan puncak pegunungan sekitarnya, termasuk Mount Aspiring bisa terlihat.
Momen-momen matahari terbit memang jadi salah satu daya tarik untuk memotret. Namun, rasa kantuk akan terbayar ketika melihat pemandangan pagi hari.

"Bangun sebelum matahari terbit (pukul 7 pagi) tidaklah mudah, tetapi Anda akan mendapat cahaya pagi dengan warna yang menakjubkan," kata Anggey.

2. Foto Candid

Hamilton Gardens memiliki koleksi taman yang mencerminkan keragaman gaya hidup, seni kontemporer, filosofi dari seluruh dunia, serta evolusi peradaban. Mengunjungi Hamilton Gardens adalah salah satu cara untuk menikmati liburan di Selandia Baru.Dok. New Zealand Tourism / Anggey Anggraeni Hamilton Gardens memiliki koleksi taman yang mencerminkan keragaman gaya hidup, seni kontemporer, filosofi dari seluruh dunia, serta evolusi peradaban. Mengunjungi Hamilton Gardens adalah salah satu cara untuk menikmati liburan di Selandia Baru.
Ada banyak cara untuk mengabadikan momen perjalanan liburan. Anda bisa memilih cara seperti sadar atau tak sadar kamera (candid) saat difoto.

"Foto candid merupakan cara terbaik untuk mengabadikan momen yang bahagia dan mengingat kembali emosi saat itu," katanya.

3. Perhatikan Musim

Bulan April merupakan waktu yang tepat untuk merayakan panen tahunan dan menikmati banyak festival. Di sana, Anggey berkesempatan mengikuti Akarua Arrowton Autumn Festival yang memperlihatkan kecantikan musiman dan sejarah dari kota tersebut.Dok. New Zealand Tourism / Anggey Anggraeni Bulan April merupakan waktu yang tepat untuk merayakan panen tahunan dan menikmati banyak festival. Di sana, Anggey berkesempatan mengikuti Akarua Arrowton Autumn Festival yang memperlihatkan kecantikan musiman dan sejarah dari kota tersebut.
Destinasi wisata punya keindahan tersendiri tergantung musim. Ada beragam efek foto yang bisa muncul berdasarkan musim di destinasi wisata.

"Setiap destinasi memiliki suasana yang berbeda untuk setiap musim. Oleh karena itu, perhatikan warna dari musim tersebut dan kombinasikan dengan momen (foto) yang tepat.

4. Riset

Berlayar di Milford Sound merupakan aktivitas yang wajib dicoba ketika di Selandia Baru. Pengalaman melihat keindahan Milford Sound pun menjadi lebih maksimal ketika musim gugur, karena jumlah pengunjung yang cenderung lebih sedikit. Dok. New Zealand Tourism / Anggey Anggraeni Berlayar di Milford Sound merupakan aktivitas yang wajib dicoba ketika di Selandia Baru. Pengalaman melihat keindahan Milford Sound pun menjadi lebih maksimal ketika musim gugur, karena jumlah pengunjung yang cenderung lebih sedikit.
Riset adalah hal yang penting dilakukan sebelum pergi liburan. Dengan riset, Anda bisa mendapatkan ide untuk bisa berbeda dengan yang sudah ada.

"Sebelum pergi ke sebuah destinasi, saya suka mencari inspirasi dengan melihat foto-foto orang lain di destinasi tersebut,"

"Dengan begitu, saya jadi memiliki banyak ide bagus untuk foto lebih awal, sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan angle atau lokasi foto ketika sudah di destinasi tersebut," kata Anggey.

5. Pasang Mata

Berlayar di Milford Sound merupakan aktivitas yang wajib dicoba ketika di New Zealand. Pengalaman melihat keindahan Milford Sound pun menjadi lebih maksimal ketika musim gugur, karena jumlah pengunjung yang cenderung lebih sedikit. Dok. New Zealand Tourism / Anggey Anggraeni Berlayar di Milford Sound merupakan aktivitas yang wajib dicoba ketika di New Zealand. Pengalaman melihat keindahan Milford Sound pun menjadi lebih maksimal ketika musim gugur, karena jumlah pengunjung yang cenderung lebih sedikit.
Sebagai hasil visual, foto merupakan representasi dari cara Anda memandang obyek. Salah satu panca indera ini berperan penting dalam hasil foto.

"Pertajam mata untuk bisa menemukan kecantikan pemandangan yang tersembunyi di sekitar Anda. Kadang Anda harus melihatnya dari sisi lain untuk bisa menangkap gambar yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com