Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Nyoblos, Kunjungi Wisata Alam di Jabodetabek Ini

Kompas.com - 27/06/2018, 10:16 WIB
Gaby Bunga Saputra,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keppres No. 48 Tahun 2018 menetapkan hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 sebagai hari libur nasional. Adanya libur ini sangat tepat untuk dijadikan momentum jalan-jalan bersama anggota keluarga.

Pasalnya libur nasional diadakan untuk memastikan kelancaran mobilisasi pemilih yang mungkin harus pulang ke daerah asal untuk mencoblos, yang akan berdampak dengan sepinya jalanan ibu kota.

Beberapa pilihan wisata alam di Jabodetabek ini bisa jadi pilihan Anda untuk mengisi liburan setelah melakukan pemungutan suara.

1. Kandang Gozilla

Tebing Koja Kandang Godzilla terletak di Bogor, Jawa Barat.instagram.com/about.indonesia.id Tebing Koja Kandang Godzilla terletak di Bogor, Jawa Barat.
Tangerang yang letaknya berdekatan dengan ibu Kota Jakarta ternyata memiliki destinasi wisata alam yang indah, yakni Tebing Koja Kandang Godzilla. Wisata yang tepatnya terletak di kawasan Cisuka ini sedang ramai dikunjungi para wisatawan dalam kota.

Dari namanya Anda mungkin akan membayangkan kandang dari monster besar itu, namun kandang godzilla di sini hanya sekadar nama. Nama godzilla sendiri diambil dari bentuk tebing batu di sana yang memiliki bentuk seperti monster tersebut bila Anda melihat dari arah yang tepat.

Selain itu di ujung mata Anda dapat melihat pemandangan hamparan sawah milik petani setempat dan terdapat kolam di bawah tebing yang menambah keindahan yang beragam dari tebing ini.

Bila Anda mengunjungi tempat ini untuk menambah koleksi foto, waktu yang paling tepat untuk Anda mengunjungi tempat ini adalah pagi hari menjelang sunrise. Keindahan sunrise yang muncul dari arah Tangerang ditambah keindahan alam tebing koja dan udaranya yang sejuk menjadi kombinasi yang sempurna.

2. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu, Jonggol, Bogor, Jawa Barat.Google Street View/Uwin Gunung Batu, Jonggol, Bogor, Jawa Barat.
Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin, Gunung Batu Jonggol adalah obyek wisata yang tepat. Berlokasi di kawasan Sukamakmur, Jonggol, Kabupaten Bogor , menawarkan pemandangan bukit yang menawan.

Wisata yang menawarkan bukit dengan ketinggian 875 meter di atas permukaan laut. Untuk sampai di puncaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja. Kontur bukit yang tidak rata dan kemiringan yang curam menjadi tantangan bagi para pendaki.

Anda harus ekstra hati-hati untuk bisa menikmati keindahan alam yang akan ditawarkan saat Anda sampai di puncak bukit. 

3. Hutan Pinus Gunung Pancar dan Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pengunjung berendam di kolam umum pemandian air panas Gunung Pancar, Bogor, Rabu (13/4/2016). Untuk masuk ke obyek wisata alam ini, pengunjung membayar biaya masuk Rp 5.000 per orang.
KOMPAS/DIAN DEWI PURNAMASARI Pengunjung berendam di kolam umum pemandian air panas Gunung Pancar, Bogor, Rabu (13/4/2016). Untuk masuk ke obyek wisata alam ini, pengunjung membayar biaya masuk Rp 5.000 per orang.
Wisata ini mungkin sudah tak asing lagi bagi kita. Keindahan hutan pinus dan letaknya yang dekat dari ibu kota Jakarta ini sempat ramai dikunjungi wisatawan Jabodetabek pada tahun 2017.

Obyek wisata ini terletak di Sentul yang terletak antara kota Jakarta dan Bogor.  Barisan pohon pinus sangat cocok untuk menambah koleksi foto Anda. Selain itu Anda juga bisa menikmati sumber air panas alami yang menyembuhkan dengan tarif Rp 100.000 per jam.

4. Hutan Mangrove Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove terletak di Pantai Indah Kapuk, Pluit, Jakarta Utara.instagram.com/ayodolan Taman Wisata Alam Mangrove terletak di Pantai Indah Kapuk, Pluit, Jakarta Utara.
Siapa bilang Jakarta hanya dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit saja. Anda juga bisa menikmati pemandangan hijau hutan bakau di ujung Jakarta tepatnya di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Selain itu juga banyak fasilitas yang dapat Anda lakukan di sini seperti penginapan pondok kemah di atas hutan bakau, jembatan gantung, tempat pengamatan burung, taman bermain anak, dan fasilitas bersepeda mengelilingi hutan bakau. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com