Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2018, 17:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menjadi surga bagi para peselancar. Bahkan Indonesia punya julukan tersendiri di kalangan peselancar yakni "Disneyland of Surfing". Sebab, Indonesia punya banyak lokasi untuk berselancar yang seluruhnya menantang adrenalin.

"Ada banyak sekali pantai dengan ombak kelas dunia, dari barat sampai timur Indonesia, sampai di utara juga ada," kata Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Arya Subyakto saat ditemui di acara peluncuran Ya'Ahowu Nias dan WorldSurfing League Nias Pro 2018, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (25/6/2018).

Arya mengatakan posisi Indonesia yang diapit oleh dua samudera menimbulkan efek ombak kelas dunia.

Baca juga: Pantai Tempat Jokowi Cuci Muka Ternyata Lokasi Selancar Kelas Dunia

Di ujung barat Indonesia, Arya menyebutkan ada Kepulauan Simeulue. Kawasan yang termasuk dalam Provinsi Aceh ini berada di tengah Samudera Indonesia. Tidak heran ombaknya yang mencapai lima meter dan menjadi surga bagi para penantang adrenalin.

Di Aceh, juga terdapat Pulau Banyak yang tak kalah terkenal dengan Kepulauan Simeulue.

"Untuk sekarang ada Mentawai juga yang sedang naik daun," kata Arya.

Kepulauan Mentawai lebih mudah dicapai dari Sumatera Barat. Salah satu aktor Hollywood, Liam Hemsworth, diketahui pernah berburu ombak di Mentawai.

Peselancar menikmati ombak laut setinggi 5-6 meter di salah satu gugusan Pulau Banyak.KOMPAS/ADRIAN FAJRIANSYAH Peselancar menikmati ombak laut setinggi 5-6 meter di salah satu gugusan Pulau Banyak.

Selanjutnya ada Pulau Nias di Sumatera Utara, dengan Pantai Lagundri yang didaulat sebagai salah satu dari 10 lokasi selancar terbaik di dunia.

"Sampai ke Bengkulu, Lampung, Selat Sunda, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, bahkan di utara ada Morotai dan Biak juga," kata Arya.

Ia menyebut deretan pantai yang sudah tersohor di kalangan peselancar antara lain Batukaras di Pangandaran, Watu Karung di Pacitan, Pulau Merah dan Pantai Plengkung (G-Land) di Banyuwangi.

Baca juga: Ini Dia Tempat Belajar Selancar untuk Pemula...

Dari seluruh lokasi tersebut, Arya menyebutkan Bali masih menjadi lokasi favorit para peselancar dunia.

Umumnya para peselancar dunia yang pertama kali mengunjungi Indonesia akan menuju Bali. Akses yang mudah dan akomodasi yang memadai membuat Bali lebih dikenal oleh peselancar internasional.

Arya berharap pemerintah sadar akan potensi pantai Indonesia dengan ombak kelas dunia, sehingga dapat membawa dampak lebih baik bagi olahraga selancar dan pariwisata.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+