Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Hal Ini saat Bandara Ngurah Rai Ditutup

Kompas.com - 29/06/2018, 13:27 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Agung di Bali kembali meletus Kamis (28/6/2018).

PT Angkasa Pura I mengonfirmasi penutupan sementara operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai per Jumat (29/6/2018) dari pukul 03.00 WITA sampai 19.00 WITA.

Jika memang berada di Bali dan ingin melakukan penerbangan dalam waktu dekat, Kepala Biro Komunikasi Publik di Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti menghimbau beberapa langkah yang dapat dilakukan.

1. Penumpang disarankan untuk menghubungi pihak maskapai untuk memproses penjadwalan ulang penerbangan.

2. Penumpang yang belum pasti berangkat, dapat kembali ke hotel dan bertanya mengenai kebijakan harga hotel.

(Sejak 2017, Kementerian Pariwisata menghimbau pihak hotel di Bali untuk memberi harga khusus bahkan gratis satu malam jika terjadi bencana seperti erupsi Gunung Agung).

3. Bila memang harus kembali berangkat meninggalkan Bali, disiapkan bus menuju Bandara Juanda dan Pelabuhan Padang Bai, gratis dari Bandara Ngurah Rai.

4. Untuk penumpang yang sebelumnya menginap diluar wilayah Badung, Denpasar, dan Tabanan disiapkan satu malam menginap gratis di hotel sambil menunggu kepastian berangkat. Selebihnya mengikuti harga terbaik kamar.

Dihubungi KompasTravel pada Jumat (29/6/2018), Guntur mengatakan Kemenpar masih melakukan koordinasi dengan tim yang ada di Bali.

"Prioritas hari ini kita melakukan mitigasi tanggap darurat dulu, melakukan assesment terhadap dampak, berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan di Bali dan menghitung jumlah penumpang yang tertahan di bandara. Termasuk jumlah pembatalan baik penerbangan domestik maupun international," sebut Guntur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com