Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpar Minta Anak Muda Promosikan Pariwisata

Kompas.com - 30/06/2018, 12:05 WIB
Gaby Bunga Saputra,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menekankan pentingnya peran anak muda (the youth) dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Bagi milenial saat ini liburan bukan hanya sebuah kegiatan untuk melepas penat, namun sebuah kebutuhan untuk mendapatkan ide-ide kreatif.

Bangsa ini memiliki kemungkinan menang yang paling besar pada ekonomi kreatif. Menpar yakin dengan menggunakan ekonomi kreatif Indonesia bisa menang dibandingkan negara lain, termasuk pariwisata.

Cultural dan natural resources kita selalu top 20 in the world. Dunia tidak pernah menilai kita di bawah top 20 untuk natural dan cultural resources. Modal kita sudah besar," kata Arief Yahya dalam talkshow YOUTH x Public Figure Vol. 4.

Wisatawan tengah berfoto di obyek wisata Bukit Gebang yang terletak di Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (3/8/2017). Obyek wisata Bukit Gebang masih tergolong baru dikembangkan di Pulau Bangka dan menawarkan spot-spot foto nan InstagramableKOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Wisatawan tengah berfoto di obyek wisata Bukit Gebang yang terletak di Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (3/8/2017). Obyek wisata Bukit Gebang masih tergolong baru dikembangkan di Pulau Bangka dan menawarkan spot-spot foto nan Instagramable
Generasi ‘Kids Zaman Now’ sering menyebut diferensiasi produk destinasi baru ini dengan istilah “instagrammable”. Di era digital ini Kemenpar tengah mengembangkan program strategis pariwisata yang melibatkan anak muda yaitu destinasi digital dan nomadic tourism.

Destinasi digital merupakan destinasi yang populer di dunia maya, viral di media sosial dan hits di Instagram.

Nomadic tourism merupakan sarana akomodasi yang sifatnya bisa di pindah-pindah seperti glamp camp, home pod dan caravan. Sedangkan aksesbilitasnya adalah sea plane dengan mudah membawa wisatawan dari pulau ke pulau di Indonesia.

Kemenpar mengajak anak muda untuk mengembangkan destinasi digital dan nomadic tourism dengan menggunakan kesempatan membuat nomadic tourism di 10 bali baru yang sedang dikembangkan oleh Kemenpar.

Wisman di Gili Trawangan, Lombok, NTB, siap menaiki kapal cepat menuju Bali, Jumat (25/8/2016).KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisman di Gili Trawangan, Lombok, NTB, siap menaiki kapal cepat menuju Bali, Jumat (25/8/2016).
Strategi ini dilakukan untuk merebut wisatawan mancanegara yang tahun ini menargetkan 17 juta wisman dan 20 wisman pada 2019.

Kebiasaan generasi muda yang suka narsis dan membagikan segala sesuatu ke sosial media untuk memenuhi kebutuhan untuk diakui, dianggap dapat membantu mengembangkan ekonomi pariwisata.

Talkshow YOUTH x Public Figure Vol. 4 diadakan pada 30 Juni 2018 dengan mengangkat tema “Waktu Indonesia Berlibur” menampilkan Menpar Arief Yahya dan Erix Soekamti, anak muda yang sukses sebagai content creator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com